Ilustrasi carabikang cokelat dan pandan.
Ilustrasi carabikang cokelat dan pandan. ( SHUTTERSTOCK/ Riki Risnandar PhotoPro)

Cungkil Dari Bawah, Berikut Cara Membuat Carabikang Merekah

22 Juli 2023 14:59 WIB

SonoraBangka.id - Carabikang adalah kue khas Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan ciri khas bentuknya merekah seperti mawar. Cara membuat carabikang mekar merekah terbilang susah gampang. Pasalnya, kamu harus mengetahui teknik mencungkil carabikang matang dari cetakan. Bahan dasar kue carabikang yaitu tepung beras dan santan. Bahan ini membuat tekstur carabikang cenderung padat. Simak cara membuat carabikang dari buku "Kue Manis Legit Populer Indonesia Resep Antigagal Kursus NCC + Step By Step" karya Fatmah Bahlawan & Tim NCC terbitan Gramedia Pustaka Utama. 

Resep carabikang merekah

Bahan carabikang

450 gram tepung beras

250 ml air

300 gram gula pasir

600 ml santan panas

1 sdt garam

Cara membuat carabikang merekah

1. Masak gula pasir dan air hingga gula larut, dinginkan.

2. Taruh tepung beras dan garam dalam wadah. Tuang air gula, aduk hingga rata menggunakan misker kecepatan rendah. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk dan ditepuk-tepuk selama sekitar 30 menit. Pencampuran dapat menggunakan mikser kecepatan rendah.

3. Panaskan cetakan carabikang, olesi dengan minyak tipis saja. Tuang adonan hingga 3/4 penuh. Biarkan matang dan berlubang-lubang.

4. Angkat dengan cara mencungkil bagian bawah sedemikian rupa sehingga carabikang mekar terbalik. Hidangkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Carabikang Merekah Antigagal, Cungkil dari Bawah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/20/201800075/cara-membuat-carabikang-merekah-antigagal-cungkil-dari-bawah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm