Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Stasiun Halim, Jakarta, Kamis (22/6/2023). Menhub dan bos CRIC bahas peluang kerja sama bangun kereta api di IKN.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Stasiun Halim, Jakarta, Kamis (22/6/2023). Menhub dan bos CRIC bahas peluang kerja sama bangun kereta api di IKN. ( KOMPAS.com)

Menhub dan Bos CRIC Bahas Peluang Kerja Sama Bangun Kereta Api di IKN

22 Juli 2023 18:00 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi beraudiensi dengan Presiden Direktur China Railway International Co. lTD (CRIC) Ju Guojiang.

Keduanya membahas peluang kerja sama pembangunan infrastruktur perkeretaapian di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Kamis (20/7/2023).

"Kami menyambut baik dan mendorong partisipasi dan kerja sama lebih lanjut dalam pengembangan proyek infrastruktur transportasi, khususnya dalam pengembangan perkeretaapian di IKN atau proyek infrastruktur lainnya," ujar Budi dalam keterangan tertulis.

Dalam mendukung mobilitas masyarakat di Ibu Kota Nusantara, sedang dilakukan perencanaan pembangunan Kereta Api (KA) Perkotaan, KA Trans Kalimantan, serta KA Bandara Sepinggan-IKN.

"Rencana tersebut cukup menantang, namun mudah-mudahan kami dapat mewujudkannya mendukung pengembangan Ibu Kota Baru Nusantara," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal.

Disamping membahas peluang kerja sama pembangunan kereta di IKN, pada audiensi tersebut dibahas juga kesiapan operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) meliputi progres pembangunan, aksesibilitas stasiun, perizinan prasarana dan sarana, uji rancang bangun dokumen, serta uji rancang bangun dokumen.

Sebelumnya, Menhub pernah menjelaskan rencana pembangunan jalur kereta api yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan IKN.

Menurutnya, jalur kereta api nantinya akan dibangun sejajar dengan jalan tol dari Balikpapan ke IKN.

"Mengingat bahwa nanti populasi di IKN itu cukup lumayan ya bisa sampai 2 juta (jiwa). Sehingga dari bandara, dari Balikpapan menuju IKN itu bukan redudansi (pengulangan transportasi). Tapi melengkapi yang sudah ada yakni jalan tol," ujar Budi di Istana Kepresidenan, Jumat (24/3/2023).

Lebih lanjut Budi mengungkapkan, pembangunan jalur kereta api Balikpapan-IKN tidak harus selesai pada 2024.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menhub dan Bos CRIC Bahas Peluang Kerja Sama Bangun Kereta Api di IKN", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/07/22/170000426/menhub-dan-bos-cric-bahas-peluang-kerja-sama-bangun-kereta-api-di-ikn.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm