( Dokumentasi Kemenko Marves)

Luhut: Candi Borobudur Akan Jadi Sumber Penerimaan Negara yang Besar

22 Juli 2023 18:01 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menilai Candi Borobudur memiliki potensi jadi sumber penerimaan negara yang besar. 

Sebab kata dia, dari 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP), Candi Borobudur salah satu yang cukup menarik wisawatan sehingga harus dikembangkan dan dikemas sedemikian rupa. 

Hal itu dia kemukakan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Pengembangan 5 DPSP Semester 1 Tahun 2023 di Plataran, Borobudur, Jawa Tengah, Jumat (21/7/2023).

"Borobudur ini menjadi salah satu yang menarik (banyak turis). Borobudur ini akan menjadi salah satu (sumber) penerimaan negara yang besar, pemasukan negara dengan dua juta turis yang bisa kita dapat dari situ," ujarnya dikutip dari siaran pers Kemenko Marves.

Luhut juga meminta agar semua pengembangan destinasi pariwisata sangat prioritas tersebut harus memperhatikan keindahan objek wisata,

Dia mencontohkan, kabel untuk kepentingan jaringan internet atau jaringan telekomunikasi harus ditanaman di bawah tanah sehingga area wisaya terlihat lebih rapi.

"Selain menjadi rapi, kita harus perhatikan juga terkait infrastruktur-infrastruktur di tourist destination, di mana harus dengan kearifan lokal. Saya ulangi harus kearifan lokal," kata Luhut.

Aspek atau kebutuhan yang belum terpenuhi atau terwujud secara bertahap lanjut Luhut, akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menuturkan, semua progres pengerjaan konten terus dilakukan. Harapannya tentu dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

"Ini akan menjadi sebuah terobosan untuk membuka peluang besar," kata Sandiaga.

Dia menambahkan, bahwa ada beberapa aspek yang perlu diwujudkan dan ditingkatkan dalam menunjang pengembangan pariwisata di Indonesia, termasuk penyediaan fasilitas kesehatan yang baik.

Dia bersyukur terkait ini sudah disinggung atau sudah diakomodir dalam undang-undang kesehatan untuk penyediaannya ke depan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut: Candi Borobudur Akan Jadi Sumber Penerimaan Negara yang Besar", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/07/22/163000426/luhut--candi-borobudur-akan-jadi-sumber-penerimaan-negara-yang-besar.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm