ilustrasi saus tomat.
ilustrasi saus tomat. ( pixabay/tjena.)

Tips Dari Koki Italia, Berikut 3 Cara Membuat Saos Tomat Untuk Pasta

23 Juli 2023 15:35 WIB

SonoraBangka.id -  Cara memasak saus tomat untuk pasta tidak sembarangan. Kamu perlu memerhatikan bahan hingga metode memasaknya agar hasilnya sempurna. Salvatore Cuomo, koki asli Italia dari Casa Cuomo Ristorante, Jakarta Selatan, menjelaskan cara membuat saus tomat untuk pasta. Simak dan ikuti tiga tips membuat saus pasta yang benar berikut ini.

1. Jangan gunakan banyak bawang putih

Bawang putih diperlukan untuk menambah aroma saus tomat semakin wangi. Namun, sebaiknya jangan gunakan terlalu banyak. "Terlalu banyak bawang putih bisa mengambil alih semua rasa dari campuran bahan saus," ujar Salvatore saat ditemui Kompas.com usai acara demo memasak ABC Cooking Studio X Casa Cuomo Ristorante, Senin (17/7/2023). Bawang putih harus dimasukkan di awal pemasakan, sebelum minyak dan bahan lainnya, dimasak hingga harum.

2. Gunakan tomat kecil

Salvatore tidak menyarankan penggunaan tomat berukuran besar untuk membuat saus pasta. Menurutnya, jenis tomat kecil hingga sedang adalah yang paling cocok untuk membuat saus pasta. "Tomat berukuran mini atau sedang itu paling mudah untuk diolah. Kombinasikan dengan paprika di awal dan tambahan basil di akhir," kata Salvatore. Gunakan dua sampai dengan tiga buah tomat untuk setengah siung bawang putih dan dua sendok makan extra virgin olive oil.

3. Masak selama 15 menit 

Masak saus tomat selama 15 menit sambil terus diaduk agar tidak mengering. Bila saus mulai mengental, tambahkan air sedikit demi sedikit. Salvatore menuturkan, air rebusan pasta bisa digunakan sebagai campuran saus pasta saat membuat saus tomat ini. Cita rasanya akan semakin nikmat karena mengandung sisa pati dari rebusan pasta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Saus Tomat untuk Pasta, Tips dari Koki Italia", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/22/111100875/3-cara-membuat-saus-tomat-untuk-pasta-tips-dari-koki-italia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm