Pabrik Foxconn di China(reuters.com)
Pabrik Foxconn di China(reuters.com) ( KOMPAS.COM)

Pemerintah Berencana Mau Temui Foxconn, Tagih Janji Investasi

23 Juli 2023 17:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah RI melalui Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal atau BKPM Bahlil Lahadalia, berencana pergi ke Taiwan untuk bertemu dengan Foxconn, salah satu produsen elektronik ternama di dunia.

Kunjungan tersebut untuk memastikan Hon Hao Precision Industry Co Limited (Ltd), nama perusahaan tersebut merealisasikan investasinya ke Indonesia.

"Saya berencana mau ke sana setelah 17 Agustus 2023. Enggak (batal) dong ya, jangan batal-batal lah saya alergi. Kalau cinta masih terus berlanjut, kenapa harus putus," kata dia dilansir Kompas.com, Jumat (21/7/2023).

Bahlil menyatakan bakal mendorong agar perusahaan perakit produk elektronik Apple itu membangun pabrik kendaraan listrik di Tanah Air. Harapannya, investasi Foxconn bisa terealisasi tahun ini.

"Karena subsidi motor listrik itu kalau pabriknya di dalam negeri. Dia enggak bisa impor, terus kita kasih subsidi. Enggak begitu. Itu untuk mendorong industri dalam negeri kita jalan," ucapnya.

Foxconn, perusahaan manufaktur asal Taiwan yang selama ini dikenal merakit berbagai produk Apple, berkomitmen membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Hal ini direalisasikan dalam sebuah kerja sama antara Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) serta vendor skuter listrik Taiwan Gogoro Inc, dengan dua perusahaan asal Indonesia, yaitu PT Industri Baterai Indonesia (IBC) dan PT Indika Energy Tbk.

Kerja sama tersebut dibuktikan dengan penandatanganan komitmen di nota kesepahaman (Memorandum of Undestanding/MoU) belum lama ini, dengan nilai total investasi mencapai 8 miliar dollar Amerika Serikat (AS).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Berencana Temui Foxconn, Tagih Janji Investasi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/23/080100915/pemerintah-berencana-temui-foxconn-tagih-janji-investasi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm