Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat(theverge.com)
Ilustrasi Pabrik Mobil Tesla di Amerika Serikat(theverge.com) ( KOMPAS.COM)

Bukan di Indonesia, Tesla Mendirikan Kantor Cabang di Malaysia

23 Juli 2023 20:36 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla dipastikan akan mendirikan kantor cabang di Selangor, Malaysia tahun ini.

Dilansir dari Asia Nikkei pada Sabtu (22/7/2023), langkah tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan penetrasi perseroan di regional Asia Tenggara. Apalagi, kini perkembangan pasar kendaraan listrik di Asia sangat positif.

"Malaysia akan jadi bagian dari perkembangan ini," ujar Direktur Regional Tesla, Isabel Fan.

Ia lantas menjelaskan salah satu alasan utama Tesla memilih Malaysia dibanding negara lain untuk ekspansi ke pasar Asia Tenggara, yaitu karena telah mendapatkan dukungan besar dari pemerintah sana.

Selain itu, perseroan juga melihat bahwa Malaysia siap untuk memperluas cangkupan bisnis kendaraan listrik berbasis baterai, khususnya soal fasilitas atau infrastruktur pendukung berupa charging station.

Untuk diketahui, Tesla telah meluncurkan ultra fast charging dalam ruangan di pusat perbelanjaan lokal di Malaysia. Mereka juga membuka pemesanan online Tesla Model Y dan Model 3 di sana.

Tak hanya itu, Tesla akan membuka kantor pusat dan Tesla Experience and Service Center sebagai bagian dari inisiatif Global Leaders BEV.

Sebelumnya, Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Malaysia Tengku Zafrul Abdul Aziz mengungkapkan bahwa kerja sama antara Malaysia dan Tesla untuk mendorong percepatan era elektrifikasi sudah rampung.

Menurut dia, Tesla akan membangun suatu fasilitas khusus dan menjadikan Malaysia sebagai salah satu sub penting.

"Kehadiran Tesla di sini juga akan membantu meningkatkan kredensial pro-bisnis dan pro-investasi Malaysia di panggung global dan kami berharap dapat menyambut lebih banyak investor multinasional yang memiliki visi yang sama untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan," kata dia.

Walau demikian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa komitmen Tesla untuk masuk ke Indonesia tidak batal.

Sebab komitmen Tesla untuk Malaysia dan Indonesia berbeda. Di mana, perseroan tidak cuma membangun kantor resmi di sini tetapi juga pabrik baterai.

"Kan kantor di mana aja boleh dibangun. Kita masih tetap lah, masa nggak. Ya nanti tunggu lah. Kalau nanti Senin atau minggu depan diumumkan mengenai insentif EV, nanti baru saya ngomong," kata Luhut belum lama ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bukan di Indonesia, Tesla Buka Kantor Cabang di Malaysia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/23/144100615/bukan-di-indonesia-tesla-buka-kantor-cabang-di-malaysia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm