Ilustrasi sosis mentah berukuran kecil.
Ilustrasi sosis mentah berukuran kecil. ( PIXABAY/ 41330 )

Perhatikan Cara Simpan, Berikut Tanda Sosis Sudah Tidak Layak Makan

24 Juli 2023 15:10 WIB

SonoraBangka.id - Sosis merupakan salah satu bahan makanan siap masak yang kerap dijadikan stok. Beberapa orang membeli sosis dalam jumlah banyak misalnya satu pak, isinya mulai dari 10 buah sosis. Walaupun termasuk bahan makanan yang tahan lama tetapi sosis tetap punya masa simpan yang sebaiknya diikut. Biasanya, tanggal kedaluwarsa dicantumkan pada kemasan sosis. Terdapat beberapa tanda sosis sudah tidak layak makan, misalnya terlalu lama disimpan di dalam kulkas.

Menurut Leaf.tv, jika sosis berubah warna menjadi abu-abu di dalam kulkas, artinya sudah tidak layak makan. Kamu dapat merasakan ada lendir di selongsong luar atau bagian dalam sosis. Selain itu, sosis tidak layak makan biasanya berbau masam. Lendir dan bau tidak sedap itu merupakan pertanda bahwa sosis sedang mengalami pembusukan. Sebaiknya buang sosis tersebut karena terdapat bakteri yang dapat membahayakan kesehatan.

Di samping itu, pastikan untuk membeli sosis di toko atau suplier terpercaya. Hal ini demi memastikan sosis yang kamu beli memang masih baru atau belum mendekati kedaluwarsa. Pasalnya, beberapa mikroorganisme yang membahayakan atau patogen terkadang tidak menunjukkan tanda-tanda kehadiran pada sosis tersebut. Tidak terlihat perubahan dari tekstur maupun bau.

Simpan sosis di kulkas

Sosis yang banyak dijual di Indonesia sebagian besar jenis sosis yang sudah dimasak atau istilahnya pre-cooked sausage. Namun, tetap harus dimasak sebelum dikonsumsi. Merek bakal mencantumkan keterangan jika sosis yang mereka jual dapat langsung dimakan tanpa perlu dimasak lagi.

Berdasarkan Bhg.com.au, sosis bertahan hingga dua minggu di dalam kulkas jika belum dibuka dan satu minggu setelah dibuka. Saat disimpan di freezer, sosis yang sudah dimasak bisa bertahan satu hingga dua bulan.

Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa pada kemasannya. Sosis sisa dapat disimpan di lemari es selama tiga hingga empat hari, sedangkan selama dua hingga tiga bulan di dalam freezer. Saat hendak menggunakan sosis beku, letakkan saja di mangkuk atau piring di rak kulkas paling bawah dan tunggu sampai mencair. Sosis yang sudah dicairkan sepenuhnya akan menjadi lunak dan mudah dipisahkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tanda Sosis Sudah Tidak Layak Makan, Perhatikan Cara Simpan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/24/134005075/tanda-sosis-sudah-tidak-layak-makan-perhatikan-cara-simpan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm