Perbaikan rack steer(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Perbaikan rack steer(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Perbaikan Untuk Rack Steer Mobil Tidak Bisa Sembarangan

24 Juli 2023 21:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perbaikan kerap menjadi alternatif pengguna mobil alih-alih menggantinya dengan yang baru. Komponen ini merupakan pengubah gaya putar kemudi menjadi gaya geser ke kanan dan kiri arah roda mobil.

Harga rack steer yang mahal, khususnya kualitas orisinal membuat sebagian konsumen berpikir berkali-kali untuk menggantinya. Mereka berharap dengan memperbaiki bisa mendapatkan hasil baik dengan biaya lebih terjangkau.

Hanya saja, beredar kabar di masyarakat bahwa setiap rack steer habis diperbaiki akan memiliki karakter agak berat saat kemudi diputar. Lantas, apakah ini benar adanya?

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan perbaikan rack steer itu memang gampang-gampang susah khususnya pada saat melakukan penyetelan.

“Pada bagian pertautan poros rack dan roda gigi wajarnya ada celah, sehingga putaran kemudi tidak berat, hanya saja celah tersebut harus sesuai spesifikasinya tidak cukup hanya mengandalkan perasaan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Minggu (23/7.2023).

Hardi mengatakan penyetelan tersebut harus benar-benar pas, kalau disetel terlalu rapat maka dampaknya kemudi menjadi berat. Sedangkan jika disetel longgar akan menyebabkan bunyi atau oblak.

Maka dari itu, Hardi menekankan penyetelan harus berdasarkan hitungan yang sesuai dengan spesifikasinya.

“Mungkin ada beberapa pihak bengkel yang menyetel rack steer agak seret, tujuannya agar tidak mudah oblak di kemudian hari, setiap bengkel beda-beda, kalau Aha Motor sendiri memilih tengah-tengahnya,” ucap Hardi.

Roda kemudi menjadi berat setelah diperbaiki rack steer-nya juga bisa dipengaruhi oleh kesalahan pemasangan. Bila komponen tersebut terpasang tidak pas atau sesuai dudukannya maka akan menyebabkan pertautan poros rack dan roda gigi tegang.

“Ketegangan pertautan yang diakibatkan kesalahan pemasangan itu, entah terdorong atau tertarik, akan membuat persinggungan rack steer menjadi berat atau seret, dampaknya roda kemudi berat saat diputar,” ucap Hardi.

Jadi, berat atau tidaknya roda kemudi setelah melakukan perbaikan rack steer bisa dipengaruhi dari karakter penyetelan bengkel tersebut, atau telah terjadi kesalahan pemasangan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbaikan Rack Steer Mobil Tidak Bisa Sembarangan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/24/101200115/perbaikan-rack-steer-mobil-tidak-bisa-sembarangan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm