Ban mobil bisa kempis tiba-tiba, bahkan saat perjalanan(Kompas.com/Erwin Setiawan)
Ban mobil bisa kempis tiba-tiba, bahkan saat perjalanan(Kompas.com/Erwin Setiawan) ( KOMPAS.COM)

Modus Kriminal Teriaki Ban Mobil Kempis Terulang Lagi, Targetnya adalah Wanita

25 Juli 2023 20:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Baru-baru ini terjadi aksi perampokan dengan modus ban kempis atau pecah menimpa perempuan di Pamulang, Tangerang Selatan. Model serupa juga terjadi pada salah seorang pengendara di Cibubur, Jakarta Timur.

Beruntung tidak sempat terjadi aksi perampokan. Walau demikian, peristiwa tersebut harus menjadi perhatian bersama selaku pengguna jalan, khususnya kaum hawa.

Kesadaran masyarakat untuk menghadapi tindakan tersebut perlu dibangun mengingat pelaku bekerja secara terstruktur. Sehingga pengemudi tidak akan mudah terkecoh, terlebih lagi saat berkendara sendirian dan awam soal ban kempis.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, kejahatan modus lama ini seharusnya bisa dihindari oleh para pengemudi mobil.

“Kejahatan dengan modus seperti ini kan bukan sekali dua kali terjadi, harusnya pengemudi mobil sudah paham, ketika ada yang memberitahukan ban kempis, sebaiknya jangan langsung turun, lihat dulu dari kaca spion, atau rasakan saat mengemudi ada yang mengganjal tidak pada ban,” ujar Jusri dikutip dari Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Jusri momen saat pengemudi berhenti paling ditunggu oleh para pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya. Mereka akan melangsungkan kejahatannya saat pengemudi dalam keadaan lengah.

“Kalaupun memang terpaksa berhenti, cari tempat aman, seperti pom bensin atau parkiran mini market. Jangan berhenti sembarang dipinggir jalan, meskipun keadaan ramai,” ucap Jusri.

Jusri melanjutkan, pelaku kejahatan biasanya tidak akan melakukan pencurian secara spontan, mereka pasti sudah memperhatikan gerak-gerik korbannya.

“Sebaiknya pengemudi mobil sudah melakukan tindakan preventif dari awal. Jika membawa barang berharga dalam mobil, pastikan barang tersebut aman dari incaran maling, jangan taruh di jok samping pengemudi,” katanya.

Jusri mengingatkan pengemudi mobil untuk selalu mengunci pintu mobil saat keluar, karena kondisi itu yang dimanfaatkan oleh maling dengan modus ban kempis.

Jadi, hal pertama yang perlu dilakukan pengemudi adalah tidak langsung percaya dengan informasi ban kempis tersebut, selanjutnya jika memang perlu berhenti carilah tempat parkir yang aman dan mengunci semua pintu setelah pengemudi keluar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Modus Kriminal Teriaki Ban Mobil Kempis Terulang Lagi, Targetnya Wanita", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/25/151200215/modus-kriminal-teriaki-ban-mobil-kempis-terulang-lagi-targetnya-wanita.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm