Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.(KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.(KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu) ( KOMPAS.COM)

Luhut Bakal Tagih Komitmen Investasi Mobil Listrik BYD dan Tesla

25 Juli 2023 21:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Korodinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan jajaran, dijadwalkan bakal melaksanakan kunjungan kerja ke Chengdu, China untuk bertemu produsen mobil listrik BYD.

Pertemuan yang bertujuan untuk menarik komitmen investasi BYD di Indonesia ini, rencananya bakal dilaksanakan pada Kamis (27/7/2023) mendatang.

"BYD ingin berinvestasi di Indonesia dan tanggal 27 kita akan bertemu di Chengdu saat kunjungan Presiden Jokowi ke China," kata Luhut di acara Nickel Conference 2023, Jakarta, Selasa (25/7/2023).

Dengan beragam kebijakan transisi energi bersih di Indonesia, ia percaya jika BYD bakal masuk ke Indonesia. Sebab melalui kebijakan itu, pemerintah bakal memberi insentif bagi setiap investasi perusahaan kendaraan listrik di RI.

Setelah kunjungan tersebut, Luhut mengatakan bahwa pihaknya akan bertolak ke California untuk menemui CEO Tesla, Elon Musk pada 3 Agustus 2023. Pertemuan tersebut juga untuk membahas kepastian invetasi di Indonesia.

"Jadi, tentang Tesla akan terjadi pada 3 Agustus mendatang," ujarnya.

Sebelumnya, Luhut juga telah melakukan kunjungan kerja ke Shenzen, China, untuk menjajaki potensi investasi China di Indonesia dalam proyek mobil listrik.

Dalam kunjungan itu, ia menghadiri penandatanganan atas Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Indonesia dengan BYD.

“Kami ingin mengembangkan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia sehingga dapat menjadi pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara, dan kami mengapresiasi inisiatif BYD untuk menjajaki peluang ini lebih lanjut,” kata dia.

Dua bulan setelahnya, giliran Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita serta rombongan yang mengunjungi pabrik industri otomotif BYD pada kunjungan kerjanya ke China 3-6 Juli 2023 lalu.

Ia mengungkapkan bahwa Indonesia dan China berpeluang untuk berkolaborasi untuk mewujudkan menjadi pemain utama pada industri kendaraan listrik.

"Hal ini juga sejalan dengan visi mewujudkan ASEAN yang lebih hijau dan berkelanjutan melalui keterlibatan sektor swasta yang aktif dan dengan orkestrasi kawasan yang terkoordinasi,” kata Agus dalam keterangannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Bakal Tagih Investasi Mobil Listrik BYD dan Tesla", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/25/162100715/luhut-bakal-tagih-investasi-mobil-listrik-byd-dan-tesla.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm