Ilustrasi
Ilustrasi ( Gizmodo)

Tencent Akuisisi Techland, Pembuat Game "Dying Light" dan "Dead Island"

26 Juli 2023 10:16 WIB

SonoraBangka.ID - Raksasa teknologi asal China, Tencent resmi akan mengakuisisi studio game (developer) yang membuat sejumlah game zombie populer macam Dying Light dan Dead Island, Techland. 

Hal ini disampaikan oleh pendiri sekaligus CEO Techland, Pawel Marchewka dalam sebuah postingan di blog resmi mereka, Techland.net.

Menurut Marchewka, proses akuisisi oleh Tencent yang masih berlangsung ini, berupa pembelian mayoritas saham Techland oleh raksasa asal China tersebut. Sehingga, Techland akan resmi beroperasi di bawah naungan Tencent. 

Marchewka mengatakan bahwa pihaknya bersyukur Tencent mengakuisisi Techland. Sebab, kehadiran raksasa yang merilis beberapa game populer macam PUBG hingga Honor of Kings tersebut diharapkan membuat masa depan Techland lebih cerah. 

"Kehadiran Tencent akan membantu kami mempercepat pengembangan game-game buatan kami yang akan hadir di masa depan," kata Marchewka, dikutip dari Techland.net, Selasa (25/7/2023). 

Meski diakuisisi dan nantinya beroperasi di bawah Tencent, Marchewka mengeklaim bahwa operasi bisnis dan pengembangan game di Techland masih akan berjalan seperti biasa. 

"Kami akan tetap mempertahankan kepemilikan penuh atas game-game orisinal (intellectual property/IP) kami, mempertahankan kebebasan berkreasi, dan terus beroperasi seperti biasanya. Lalu, saya juga masih akan menjabat sebagai CEO studio game ini," imbuh Marchewka.

Berapa nilai akuisisi Techland?

Marchewka tidak menyebut berapa nilai akuisisi Techland oleh Tencent ini. Ia juga tak mengumbar kapan proses akuisisi, alias pembelian mayoritas saham oleh Tencent ini rampung. 

Namun yang jelas, Techland merupakan salah satu studio game yang cukup terkenal.

Pasalnya, seperti disebutkan di atas, pengembang game asal Wroclaw, Polandia ini merupakan studio game yang membuat waralaba atau IP game-game zombie populer macam Dying Light dan Dead Island

Terbaru, studio game ini pada 2022 lalu merilis game Dying Light 2 Stay Human, sebagai sekuel dari Dying Light yang dirilis pada 2015 lalu.

Terkait Tencent, raksasa teknologi asal China ini sebelumnya juga pernah mengakuisisi sejumlah perusahaan game kenamaan. 

Beberapa di antaranya seperti pembuat game zombie Back 4 Blood (Turtle Rock Studios) pada 2021 lalu, serta developer game Sackboy: A Big Adventure (Sumo Digital) di tahun yang sama.

Selain itu, Tencent juga memiliki sejumlah saham di beberapa studio game populer lainnya macam Ubisoft, Bloober Team, Remedy, dan masih banyak lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tencent Akuisisi Techland, Pembuat Game "Dying Light" dan "Dead Island"", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/07/25/15300067/tencent-akuisisi-techland-pembuat-game-dying-light-dan-dead-island-?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm