Ilustrasi cumi hitam.
Ilustrasi cumi hitam. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H)

Empuk Ala Warteg Favorit, Berikut 5 Resep Masakan Cumi Hitam

26 Juli 2023 16:18 WIB

SonoraBangka.id -  Cumi hitam merupakan salah satu hidangan yang bisa kamu pilih di Warung Tegal Favoritmu. Sebagai pencinta seafood, cumi hitam bisa menjadi pilihan lauk makan yang enak. Ada cara masak cumi hitam dengan bumbu meresap, empuk, dan tidak amis walau dimasak dengan tinta hitamnya. Sederet resep masakan cumi hitam ini mengombinasikan rempah dan saus dengan cita rasa nikmat.

1. Resep tumis cumi hitam

Cumi bisa dimasak dengan tintanya. Salah satu menu masakan cumi hitam adalah ditumis. Sebelumnya, pastikan kamu tidak menggunakan cumi yang sudah disimpan lama dalam freezer agar tidak amis. Selain itu, kamu bisa hidangkan tumisan kering dengan merebusnya terlebih dahulu.

2. Resep cumi hitam cabai hijau

Masak cumi hitam dengan pilihan rempah beraroma agar bau amisnya hilang. Selain itu, pilih cumi berkualitas dengan lapisan kulit yang tidak berlendir dan bau agar mudah diolah.

3. Resep cumi hitam empuk

Pada resep cumi hitam ini menggunakan campuran bumbu masak sederhana dengan tinta yang keluar dengan sendirinya pada badan cumi. Tambahkan dengan bahan aromatik seperti daun salam, daun jeruk, lengkuas.

4. Resep cumi hitam bumbu iris

Luangkan waktu selama 45 menit untuk memasak cumi hitam bumbu iris. Ada penggunaan bahan seperti cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, bawang merah, dan jahe.

5. Resep cumi hitam pedas

Dalam racikan bumbu cumi hitam, tambah dengan irisan cabia rawit untuk menambah rasa pedas. Kamu juga bisa menambahkan cabai rawit ke dalam ulekkan bumbu halus agar semakin terasa dan meresap.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Resep Masakan Cumi Hitam Empuk ala Warteg Favorit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/25/111100475/5-resep-masakan-cumi-hitam-empuk-ala-warteg-favorit.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm