PT Pertamina (Persero) secara resmi mulai menjual Pertamax Green 95 pada 24 Juli 2023. (KOMPAS.com/YOHANA ARTHA ULY)
PT Pertamina (Persero) secara resmi mulai menjual Pertamax Green 95 pada 24 Juli 2023. (KOMPAS.com/YOHANA ARTHA ULY) ( KOMPAS.COM)

Daftar Merek Mobil yang Mengeklaim Aman Menggunakan Pertamax Green 95

26 Juli 2023 17:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pertamax Green 95 yang merupakan campuran antara Pertamax dan etanol resmi dipasarkan. Beberapa pabrikan juga sudah mengeklaim mobil buatannya aman untuk mengonsumsi jenis bahan bakar minyak (BBM) tersebut.

Untuk diketahui, Pertamax Green 95 merupakan bahan bakar minyak (BBM) jenis baru hasil pencampuran Pertamax dengan Bioetanol sebesar 5 persen atau biasa disebut E5. Dengan usia yang masih baru, tak jarang ada konsumen yang ragu untuk menggunakannya.

Untuk meyakinkan konsumennya, beberapa merek pabrikan mobil sudah mengeklaim bahwa model-model yang dipasarkan di Indonesia aman bila mengonsumsi Pertamax Green 95, seperti Honda, Toyota, Daihatsu, Suzuki, dan Mitsubishi.

Honda

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), mengatakan, kalau dengan kondisi E5, saat ini mobil Honda di Indonesia sudah compatible dan tidak ada masalah.

"Kalau secara global, di luar Indonesia, sudah ada beberapa negara menggunakan bioetanol di atas lima persen untuk beberapa model Honda," ujar Billy, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Toyota

Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam menyebut bahwa, seluruh produk kendaraan roda empat atau lebih Toyota sudah aman menggunakan bahan bakar jenis bioetanol.

"Secara global, E5 itu bisa. Tidak ada (penyesuaian), tapi kan ini melibatkan dua aspek, engine dan bahan bakar. Kalau engine tidak ada masalah, namun bahan bakarnya gimana?" kata dia di Karawang, Jawa Barat, Selasa (13/6/2023).

Suzuki

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm