Ilustrasi adonan puff pastry.
Ilustrasi adonan puff pastry. ( Dok. Shutterstock/Africa Studio)

Pakai 4 Bahan Utama, Berikut Ini Tips Membuat Adonan Puff Pastry

27 Juli 2023 06:30 WIB

SonoraBangka.id -  Puff pastry merupakan adonan lembaran yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan campuran mentega. Puff pastry mengandung banyak mentega dan berlapis-lapis, setiap lapisan tipis dan krispi dan rapuh, tekstur ringan berisi udara. Puff pastry biasanya diisi dengan selai, cokelat, krim, atau keju untuk camilan di rumah yang praktis. Kamu dapat membeli puff pastry siap pakai atau bisa membuat sendiri dari awal. Simak tips membuat adonan puff pastry dengan empat bahan utama, dikutip dari Tasteofhome dan majalah "Dessert Vol 1/1/2013" (2013) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada.

1. Mentega

Mentega adalah bahan penting saat akan membuat puff pastry memberikan rasa khas dan lapisan yang renyah. Pastikan jika memakai mentega dingin, dapat mempertahankan suhu mentega tetap dingin dengan menggunakan permukaan meja seperti marmer.

2. Tepung

Memilih tepung yang tepat juga penting, meskipun tepung serbaguna dapat digunakan namun akan lebih baik memakai tepung roti. Gluten penting untuk membuat puff pastry agar lembaran adonan elastis yang kuat selama proses laminasi. Adonan dengan untaian gluten yang kurang berkembang akan menghasilkan adonan kue yang rapuh lebih mirip kulit pai dibandingkan puff pastry.

3. Air

Tidak seperti memanggang roti yang membutuhkan air hangat untuk mengaktifkan ragi, untuk puff pastry memerlukan air dingin. Air dingin akan membantu memastikan mentega menyatu dengan baik ke dalam adonan dan tidak menjadi terlalu hangat selama proses pencampuran.

4. Garam

Terakhir terdapat garam, tambahkan sekitar satu sendok teh garam dalam adonan puff pastry, dapat menambahkan rasa pada adonan dan memperkuat keseluruhan struktur adonan. Kamu bisa menggunakan garam meja atau lebih bagus lagi memakai garam kosher.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Membuat Adonan Puff Pastry dengan 4 Bahan Utama", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/26/220417575/tips-membuat-adonan-puff-pastry-dengan-4-bahan-utama.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm