Ilustrasi risoles ragout.
Ilustrasi risoles ragout. ( Dok. Shutterstock/Nur El Imany)

Rapi Dan Tidak Mudah Bocor, Berikut Ini 6 Tips Membuat Risoles

27 Juli 2023 06:47 WIB

SonoraBangka.id -  Risoles salah satu jajanan pasar yang terbuat dari kulit dadar kemudian berisi ragout ayam atau daging asap dan saus mayo. Risoles mudah dibuat dengan memperhatikan bahan kulit, membuat adonan yang tepat, membungkusnya rapi, dan menggoreng tanpa bocor. Simak tips membuat risoles yang rapi tidak bocor berikut ini, dikutip dari majalah "Sedap / NOV 2012" (2012) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Bahan kulit risoles

Bahan membuat kulit risoles terdiri dari tepung, telur, dan larutan. Larutan yang digunakan bisa air, bisa juga susu. Larutan susu tentu membuat cita rasa risoles lebih kaya dan teksturnya lebih empuk dan lembap.

2. Kulit risoles yang bagus

Adonan harus encer supaya kulit risoles jadi tipis dan lentur. Adonan harus licin. Apabila bergerindil, saring dahulu, supaya kulit risoles licin permukaannya.

3. Mendadar risoles

Membuat dadar risoles di wajan teflon, tidak perlu mengolesi dengan minyak atau margarin kecuali di awal pendadaran. Mendadar harus tepat waktu, jangan sampai kering dan mentah, supaya kulit risoles lentur dan tidak kering. Kulit yang kering akan pecah waktu digulung.

4. Membungkus risoles

Adonan isi letakkan di tengah. Lipat keri kanan kulit risoles dahulu, baru bagian bawah. Setelah itu gulung.  Jangan lupa merekatkannya dengan larutan tepung supaya ketika digoreng tidak lepas atau terbuka.

5. Memberi tepung panir

Paniran bisa menggunakan tepung atau putih telur kemudian digulungkan pada tepung panir. Apabila ingin paniran rata, bisa dilakukan sebanyak dua kali. Tepung roti, tepung, tepung roti, tetapi setelah dingin, kulit menjadi terasa keras. Biarkan risoles yang sudah dipanir sebentar sebelum digoreng supaya benar-benar melekat. Jika menggunakan isi ragout (terutama ragout agak cair) diamkan di dalam lemari es. Tujuannya menghindari ragout mendidih ketika digoreng dan memecahkan kulitnya.

6. Menggoreng risoles

Gunakan wajan datar dan jangan terlalu banyak minyak. Panaskan wajan sampai agak panas, agar tidak terlalu lama menggoreng risolesnya. Cukup asal membuatnya kuning keemasan. Risoles yang terlalu lama digoreng kemungkinan bisa pecah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tips Membuat Risoles yang Rapi Tidak Bocor", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/25/220300275/6-tips-membuat-risoles-yang-rapi-tidak-bocor.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm