Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/7/2023).(Dok. Sekretariat Presiden )
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/7/2023).(Dok. Sekretariat Presiden ) ( KOMPAS.COM)

Terbang ke China, Jokowi Bakal Lobi Produsen Mobil Listrik Untuk Masuk RI

27 Juli 2023 21:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama delegasi terpilih melakukan kunjungan kerja ke Chengdu, China selama 27-28 Juli 2023. Salah satu misi yang dibawanya ialah menarik investasi dari produsen mobil listrik ke Indonesia.

Pada konferensi pers virtual yang ditayangkan melalui YouTube Sekteriat Presiden, Jokowi menyatakan bila ada sejumlah agenda prioritas akan dibahas secara detil. Termasuk proyek strategis di bidang perdagangan, kesehatan, sampai isu global.

"Kunjungan saya ke Chengdu untuk memenuhi undangan Presiden Xi Jin Ping dan kunjungan ini juga bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komperhensif Indonesia dan Tiongkok," Jokowi, Kamis (27/7/2023).

Tak hanya itu, Jokowi juga akan melakukan pertemuan dengan beberapa petinggi perusahaan asal China. Salah satunya membahas investasi di bidang mobil listrik.

"Nanti dalam pertemuan dengan CEO memang yang berkaitan dengan mobil listrik akan kita bicarakan," ucap dia.

Apabila mengacu pada pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu, produsen otomotif yang dimaksud salah satunya ialah BYD.

"BYD juga ingin investasi di Indonesia dan pada 27 (Juli) kami akan bertemu BYD di Chengdu dalam kunjungan kerja Jokowi ke China,” kata dia, Selasa (25/7/2023) lalu.

Selain soal investasi, Jokowi juga bakal membicarakan kemungkinan ekspor mobil merek China dari Indonesia.

Agenda tersebut diungkapkan Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi dua minggu lalu. Pasalnya, target ekspor untuk kendaraan bermotor dari Indonesia harus terus berakselerasi.

“(Pemerintah) ke China dua minggu lagi. Lalu pada Agustusnya akan ke Shanghai, China lagi untuk membicarakan ekspor,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Terbang ke China, Jokowi Bakal Lobi Produsen Mobil Listrik Masuk RI", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/27/180337315/terbang-ke-china-jokowi-bakal-lobi-produsen-mobil-listrik-masuk-ri.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm