Baterai motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Baterai motor listrik Gesits G1 dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/7/2022). Gesits G1 memiliki fitur unggulan salah satunya adalah fitur peta digital yang bisa dinikmati pemilik kendaraan melalui panel indikator. Sehingga, pemilik tidak perlu repot memakai telepon genggam untuk memakai peta selama berkendara.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Agar Baterai Lebih Awet, Ini Waktu Terbaik Untuk Mengecas Motor Listrik

27 Juli 2023 21:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Berbeda dengan mobil listrik, sejumlah motor listrik yang dipasarkan di Indonesia umumnya dapat diisi ulang menggunakan listrik rumah dengan daya minimal 900VA.

Samadin, Kepala Cabang Yadea Pasar Minggu, mengatakan, terdapat waktu paling ideal untuk mengecas motor listrik.

“Kalau mengecas motor listrik sebaiknya pada posisi jam malam. Alasannya arus listrik lebih stabil,” kata dia, kepada Kompas.com (26/7/2023).

“Karena kalau sore antara jam 17.00 sampai 21.00, itu daya listrik enggak stabil. Jadi bagusnya jam 21.00 ke atas, sampai pagi,” ujar Samadin, yang saat ini menangani servis dan penjualan sekaligus.

Menurutnya, pemilihan waktu terbaik untuk mengecas baterai ini bertujuan untuk menjaga performa baterai motor listrik.

Seperti diketahui, semakin besar kapasitas baterai, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi sampai penuh.

Tapi apabila daya listriknya stabil, maka proses pengisian daya akan berlangsung lebih cepat. Selain itu, daya listrik yang tidak stabil bisa berdampak pada usia sel baterai motor listrik.

Secara umum, waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk ngecas motor listrik adalah sekitar 4-6 jam, seperti halnya motor listrik Yadea.

“Nanti kalau sudah penuh sistem akan cut off, jadi tidak perlu khawatir overload. Jangan lupa ketika ngecas, kontak dalam posisi off, MCB nyala. Karena kalau MCB mati, enggak menyambung,” ucap Samadin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Agar Baterai Lebih Awet, Ini Waktu Terbaik Mengecas Motor Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/27/184100915/agar-baterai-lebih-awet-ini-waktu-terbaik-mengecas-motor-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm