Ilustrasi PS5 terjual 40 juta unit.
Ilustrasi PS5 terjual 40 juta unit. ( Sony PlayStation)

Penjualan PlayStation 5 Tembus 40 Juta, Kini Tidak Perlu Antre Beli

28 Juli 2023 16:12 WIB

SonoraBangka.ID - Sony mengeklaim konsol game generasi terbaru buatannya, yaitu PlayStation 5 (PS5) sudah terjual sekitar 40 juta unit dalam waktu sekitar tiga tahun setelah dirilis global.

Hal ini disampaikan President & CEO Sony Interactive Entertainment (SIE), Jim Ryan dalam sebuah postingan yang diunggah di blog resmi SIE.

"Per 16 Juli 2023, kami telah berhasil menjual sekitar 40 juta unit PS5 sejak perilisan globalnya pada November 2020 lalu. Kami sangat berterima kasih kepada para gamers yang setia memainkan game-game favoritnya di PS5," tulis Jim. 

Jim tidak menyebut apakah pencapaian PS5 ini lebih besar dari konsol-konsol gaming yang pernah mereka rilis atau tidak.

Namun, apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu PS4, PS5 tampaknya belum bisa melampaui penjualan konsol game yang dirilis pada November 2013 tersebut.

Pasalnya, dalam sekitar 3 tahun setelah perilisan globalnya, PS4 terjual sekitar 50 juta unit, 10 juta unit lebih banyak dibanding PS5. 

Dengan selisih angka yang "hanya" 10 juta unit ini, bukan tidak mungkin penjualan PS5 nantinya tetap bisa melampaui penjualan PS4 seiring berjalannya waktu. 

Adapun total penjualan PS4 sendiri saat ini berkisar di angka 117,2 juta unit setelah 10 tahun meluncur. Artinya, Sony masih memiliki sekitar 7 tahun untuk membuat total penjualan PS5 melampaui PS4. 

Stok PS5 sudah aman

Selain menyampaikan total penjualan PS5, Jim juga memastikan bahwa stok PS5 kini sudah aman. Sehingga, konsumen saat ini sudah bisa membeli konsol game tersebut di toko-toko rekanan Sony, tanpa harus mengantre atau mengikuti undian. 

"Seperti yang kita ketahui, kami sebelumnya dilanda dengan masalah stok yang tidak bisa memenuhi permintaan pasar. Tetapi sekarang, kami akhirnya sudah bisa mengatasi masalah tersebut dan kami pastikan stok PS5 saat ini sudah aman," klaim Jim. 

Kami sempat membuktikan perkataan Jim ini dengan mengunjungi beberapa toko online resmi rekanan Sony PlayStation di Indonesia. Beberapa di antaranya seperti PSEnterprise, Multi Game Shop, dan beberapa toko game resmi lainnya. 

Pantauan di toko-toko tersebut, Jumat (28/7/2023), PS5 tampaknya kini sudah bisa langsung di beli di toko alias ready stock. Adapun toko-toko ini menjual PS5 dengan harga bervariasi, tergantung paketan (bundle) yang dijual. 

Namun yang jelas, para gamers Indonesia kini bisa membeli PS5 secara langsung tanpa mengikuti undian (raffle) dengan harga Rp 7 juta - Rp 8 juta untuk PS5 Digital Edition, serta Rp 9 juta - Rp 10 juta untuk PS5 Disc Edition. 


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penjualan PlayStation 5 Tembus 40 Juta, Kini Tidak Perlu Antre Beli", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/07/28/14000037/penjualan-playstation-5-tembus-40-juta-kini-tidak-perlu-antre-beli?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm