Karet pada wiper blade mobil bisa getas bila sering terpapar panas dan tidak dirawat(KOMPAS.com/Daafa Alhaqqy)
Karet pada wiper blade mobil bisa getas bila sering terpapar panas dan tidak dirawat(KOMPAS.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Biang Kerok Wiper Tidak Mau Berhenti Walau Sakelar Sudah Off

29 Juli 2023 18:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Wiper mobil seharusnya akan berhenti menyapu bila pengemudi memosisikan sakelar off. Tapi, pada kondisi tertentu sapuan wiper tidak akan berhenti dengan artian menyapu terus-menerus.

Fenomena tersebut bisa menimpa pada siapa saja, khususnya pengguna mobil yang sudah memiliki fitur mist pada wipernya.

Sebab, itu merupakan jenis masalah yang wajar terjadi ketika stop position pada motor wiper kotor atau rusak.

Mekanik Aha Motor Yanto mengatakan, pada motor wiper terdapat sakelar tambahan yang bertugas menghentikan wiper pada posisi menutup yang benar dengan demikian tidak akan menghalangi pandangan.

“Sakelar stop position ini bisa rusak seiring usia pemakaian, rusaknya bisa berupa kotor saja dan aus yang bisa menyebabkan lempengan kuningan patah,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Sabtu (29/7/2023).

Yanto mengatakan, ketika sapuan wiper tidak mau berhenti, kemungkinan yang terjadi adalah stop position pada motor wiper terganggu.

Gangguan tersebut bisa berupa kotoran dan sejenisnya. Akibatnya, daya listrik tidak kunjung menemukan ground atau katup negatif untuk bisa berhenti pada jeda yang benar.

“Jeda sakelar ini kecil, bila kotor maka akan membuatnya bisa bersifat konduktor, sehingga sakelar yang berbentuk lingkaran seharusnya ada jeda menjadi seakan-akan satu lingkaran penuh karena gangguan kotoran tersebut,” ucap Yanto.

Pada dasarnya, kotoran bisa berupa pelumas atau basahan yang menumpuk dan bisa mengandung air. Itu akan membuat kinerja sakelar terganggu akibatnya motor wiper akan berputar terus-menerus.

“Sapuan wiper menjadi tidak mau berhenti meski saklar wiper di ruang kemudi sudah pada posisi off, wiper akan berhenti bila kunci kontak berada pada posisi selain on,” ucap Yanto.

Solusinya, Yanto menyarankan mobil di bawa ke bengkel untuk segera dilakukan pemeriksaan motor wiper. Jika cuma karena kotor maka motor wiper bisa digunakan kembali. Namun bila sudah aus, wajib diganti.

Jadi, itu tadi penjelasan kenapa sapuan wiper tidak mau kunjung berhenti meski sakelar sudah pada posisi off.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biang Kerok Wiper Tidak Mau Berhenti meski Sakelar Sudah Off", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/29/124200915/biang-kerok-wiper-tidak-mau-berhenti-meski-sakelar-sudah-off.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm