Ilustrasi gejala rematik.()
Ilustrasi gejala rematik.() ( KOMPAS.COM)

Mengenal Penyakit Rematik dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

30 Juli 2023 20:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Rematik atau rheumatoid arthritis adalah gangguan peradangan kronis yang umumnya memengaruhi persendian Anda.

Tapi pada beberapa orang, kondisi tersebut dapat merusak berbagai sistem tubuh, termasuk kulit, mata, paru-paru, jantung, dan pembuluh darah.

Dilansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat CDC, rematik adalah penyakit autoimun dan peradangan.

Ini adalah kondisi di mana sistem kekebalan Anda secara tidak sengaja menyerang sel-sel sehat di tubuh Anda, dan menyebabkan peradangan di bagian tubuh yang terkena.

Biasanya, sistem kekebalan Anda membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit. Saat mengalami rematik, sistem kekebalan Anda menyerang jaringan sehat di persendian.

Rematik umumnya menyerang persendian di tangan, pergelangan tangan, dan lutut. Ini membuat lapisan sendi menjadi bengkak sehingga menyebabkan kerusakan pada jaringan sendi.

Kerusakan jaringan ini dapat menyebabkan nyeri jangka panjang atau kronis, goyah atau kekurangan keseimbangan, dan kelainan bentuk.

Gejala rematik

Kondisi rematik dini cenderung memengaruhi sendi kecil Anda terlebih dahulu, terutama sendi yang menempelkan jari ke tangan dan jari kaki ke kaki.

Beberapa tanda dan gejala rematik meliputi:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm