Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meninjau pasokan dan distribusi elpiji 3 kg di wilayah Bali pada Minggu (30/7/2023)
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meninjau pasokan dan distribusi elpiji 3 kg di wilayah Bali pada Minggu (30/7/2023) ( Dok. PT Pertamina (Persero)

Dirut Pertamina Ancam Tindak Tegas Pangkalan Elpiji Nakal

31 Juli 2023 17:44 WIB

SonoraBangka.ID - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meninjau pasokan dan distribusi elpiji 3 kilogram (kg) di wilayah Bali pada hari ini Minggu (30/7/2023).

Tinjauan salah satunya dilakukan dengan inspeksi mendadak (sidak) ke SPPBE di Pendungan, Denpasar.

Nicke pun memastikan bakal menindak tegas agen atau pangkalan yang menjual elpiji 3 kg tidak sesuai dengan aturan.

Ia menuturkan, saat ini pasokan elpiji bersubsidi di Bali terpenuhi dengan baik dari SPPBE ke agen hingga ke pangkalan. Namun, yang perlu diawasi adalah distribusinya hingga ke masyarakat untuk menghindari kelangkaan.

"Tadi saat sidak ada kejadian yang menarik, saat kita ke pengecer disampaikan stoknya kosong padahal jaraknya hanya 30 meter dari pangkalan resmi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (30/7/2023).

"Jadi ternyata selama ini bukan dari pangkalan mendapatkan stoknya tapi ada kendaraan yang drop, ini tidak sesuai dengan aturan yang ada. Ini yang harus sama-sama kita awasi," lanjut Nicke.

Dia menjelaskan, proses penjualan yang sesuai dengan alur distribusi elpiji 3 kg akan menjaga harga jual sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah daerah (pemda). Secara sistem, pengecer seharusnya mengambil elpiji 3 kg dari pangkalan resmi Pertamina.

"Harganya juga sudah jelas, ada peraturannya di tiap-tiap daerah sudah ada. Untuk di Bali ini harganya Rp 18.000. Itulah yang harus diikuti agar ada jaminan suplai, agar ada jaminan harga sesuai aturan," paparnya.

Oleh sebab itu, Nicke menegaskan, jika ada agen dan pangkalan yang 'nakal' yakni menjual elpiji 3 kg di atas Hhrga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemda, maka Pertamina tidak segan untuk menindaknya.

Ia pun meminta masyarakat untuk segera melaporkan kepada Pertamina dengn menghubungi 135, jika menemukan ada penyimpangan distribusi elpiji 3 kg.

Di sisi lain, dia juga meminta bantuan seluruh masyarakat untuk bersama-sama memahami bahwa elpiji 3 kg peruntukannya adalah untuk masyarakat kurang mampu.

Nicke turut mendorong masyarakat untuk segera melakukan registrasi menggunakan KTP. Hal ini untuk membantu pengawasan alokasi agar memastikan penjualan tidak melebihi kuota, dan prioritasnya bagi masyarakat yang berhak.

"Kami harapkan dengan registrasi ini akan memudahkan bagi masyarakat untuk membeli juga membantu Pertamina mempertanggung jawabkan elpiji subsidi ini siapa yang menikmati,” tutup Nicke.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dirut Pertamina Ancam Tindak Tegas Pangkalan Elpiji Nakal", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/07/31/050900526/dirut-pertamina-ancam-tindak-tegas-pangkalan-elpiji-nakal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm