Ilustrasi logo baru Twitter X
Ilustrasi logo baru Twitter X ( Kompas.com)

Cara Meraup Untung dari Cuitan Twitter

31 Juli 2023 17:45 WIB

SonoraBangka.ID - Platform media sosial Twitter, yang saat ini telah berubah nama menjadi X, memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan keuntungan melalui unggahan atau cuitan. Hal ini dimungkinkan dengan telah diluncurkannya fitur Ads Revenue Sharing.

Melalui fitur tersebut, X membagikan keuntungan dari iklan yang muncul di kolom balasan cuitan. Fitur ini sudah dapat digunakan oleh para pengguna yang berlangganan Twitter Blue sejak pertengahan Juli lalu.

Besaran keuntungan dari bagi hasil iklan yang diterima pengguna pun bervariatif. Dilansir dari Techcrunch, besaran keuntungan yang diterima pengguna ditentukan dari jumlah Tweets Impression, atau berapa banyak unggahan telah tampil di layar.

Manajemen X menyatakan, pada tahap awal platform telah membagikan lebih dari 5 juta dollar AS atau Rp 75 miliar kepada para pengguna yang berhak menerima. Hal ini dikonfirmasi oleh cuitan sejumlah akun besar.

Misal saja Penulis asal Amerika Serikat, Brian Kressenstein, yang memiliki sekitar 750.000 pengikut mengaku mendapatkan 24.305 dollar AS atau sekitar Rp 360,46 juta dari Twitter. Sementara itu, seorang penulis lain bernama Ashley St. Clair mengkau mendapatkan 7.153 dollar AS atau setara sekitar Rp 100,73 juta dari sebuah cuitannya yang memiliki sekitar 840 juta impresi.

Akun resmi X menyatakan, fitur Ad Revenue Sharing sudah dapat digunakan pengguna di berbagai belahan dunia. Bahkan, pengguna X di Indonesia juga sudah bisa mencobanya.

Lantas, bagaimana cara agar akun X anda bisa meraup keuntungan lewat fitur tersebut?

Dilansir dari laman resmi X, berikut persyaratan yang perlu dipenuhi agar akun pengguna bisa meraup keuntungan dari bagi hasil iklan:

1. Pengguna harus berlangganan Blue atau sebelumnya dikenal Twitter Blue atau organisasi terverifikasi

2. Memiliki setidaknya 15 juta tayangan pada postingan pribadi secara kumulatif dalam kurun waktu 3 bulan terakhir

3. Memiliki setidaknya 500 pengikut

4. Mengajukan permohonan dalam program Creator Subscription dan Creator Ads Share, dengan mengakses opsi Monetization di akun pengguna.

Apabila permohonan disetujui, pengguna harus membuat akun Stripe. Sebab, pembayaran nantinya akan dilakukan melalui aplikasi pembayaran lintas batas itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Meraup Cuan dari Cuitan Twitter", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/07/31/070800726/cara-meraup-cuan-dari-cuitan-twitter.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm