Mesin mobil rusak parah akibat oli palsu(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Mesin mobil rusak parah akibat oli palsu(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Jangan Sembarang Pilih Untuk Cairan Engine Flush, Bisa Bikin Sil Rembes

31 Juli 2023 21:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Engine flush merupakan salah satu bentuk perawatan pada mesin mobil untuk menjaga saluran oli tetap bersih. Caranya dengan mencampurkan zat aditif ke dalam ruang oli sebelum diganti.

Engine flush atau menguras oli lama biasanya dilakukan ketika telat menganti oli mesin. Daripada harus menanggung risiko yang lebih besar, maka perlu dilakukan pembilasan dengan harap hasilnya maksimal.

Apin, pemilik bengkel spesialis Pelita Motor Mitsubishi dan toko oli di sentra mobil Blok M, Jakarta, mengatakan, engine flush tidak boleh sembarangan dengan asal memakai cairan atau oli pembilas yang memiliki kandungan kerosin.

"Orang kan kadang ah buat nge-flush saja beli saja deh yang cuma Rp 40.000 mereknya macam-macam. Mending kalau mau enginee flush beli merek olinya yang keluaran ATPM resmi. Memang lebih mahal, atau misal bikinan negara Jerman atau Jepang itu jelas," kata Apin kepada Kompas.com, belum lama ini.

Apin mengatakan, setelah dia baca ada beberapa merek yang ternyata punya kandungan kerosin atau minyak tanah. Kandungan ini kurang baik karena dapat merusak sil atau paking yang terdapat di sekitar mesin.

"Sebab setelah saya baca ini mengandung kerosin. Saya bilang yang punya (pemilik mobil) ini jangan dipakai jangan buat flush, atau beli lagi yang lain," ujar Apin.

"Kenapa sebab kandungan kerosin tinggi akibatnya, kalau dipakai (mesin) memang bersih tapi nantinya sil-sil dan paking-paking karetnya rembes bukan getas lagi. Seperti gini ya, coba karet gelang kasih minyak tanah pasti melar," katanya.

"Jangan nanti (setelah engine flush) kemudian banyak sil yang bocor, rembes, memang tidak saat ini tapi nanti satu sampai dua bulan kemudian. karena dia akan memuai sedikit-sedikit," ujar Apin.

Untuk diketahui, engine flush memang dianjurkan jika kondisi oli sudah tampak kotor. Biasanya dengan membuka tutup kepala silinder akan terlihat ada endapan oli atau tidak.

Harapannya dengan menambahkan cairan engine flush sebelum oli diganti, kotoran akan luruh dan ikut terbuang lewat lubang pembuangan, sehingga oli mesin akan benar-benar terasa diganti dengan yang baru.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Sembarang Pilih Cairan Engine Flush, Bisa Bikin Sil Rembes", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/31/092200615/jangan-sembarang-pilih-cairan-engine-flush-bisa-bikin-sil-rembes.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm