Seli (48) saat menceritakan bekas bangunan eks gedung Bioskop Garuda dan Surya yang sudah dilakukan pembongkaran.
Seli (48) saat menceritakan bekas bangunan eks gedung Bioskop Garuda dan Surya yang sudah dilakukan pembongkaran. ( Bangkapos.com/Rifqi Nugroho )

Ini Kenangan Bioskop Legendaris di Pangkalpinang yang Tak Tersisa

1 Agustus 2023 10:34 WIB

SonoraBangka.id - Di masa lalu, ada sejarah panjang di lahan kosong tak terurus di jalan Muhidin atau Pasar Mambo Kota Pangkalpinang.

Area yang saat ini dipenuhi bermacam rumput liar mulai dari ilalang, pohon cery dan tumbuhan menjalar lainnya itu merupakan bekas eks gedung Bioskop Garuda dan Surya yang sudah dilakukan pembongkaran.

Saat ini di sekeliling tempat tersebut, banyak digunakan warga untuk berjualan dengan membuka warung serta banyak dihuni masyarakat untuk bertempat tinggal.

Seorang warga yang tinggal di kawasan tersebut, Seli (48) mengatakan, rumahnya yang dia huni saat ini merupakan bekas Mes karyawan bioskop yang cukup populer pada jamannya itu.

"Kebetulan suami saya sudah lama tinggal di sini, dia yang menceritakan kalau rumah kami dulunya mes karyawan. Setahu saya, memang dulu ada dua bioskop di sini," ungkap Seli kepada Bangkapos.com, Senin (31/7/2023).

Seli menyebutkan, jika dua bangunan tersebut memang sudah dibongkar sejak 2010 lalu, meski ia tak begitu mengingat tanggal dan bulan waktu pembongkaran tersebut.

"Kalau tahunnya 2010 yang jelas, bulan apa saya sudah lupa," ujarnya.

Senada dengan Seli, Rino (41) terlihat sedih ketika ditanyakan soal kenangannya bersama Bioskop Garuda di Pangkalpinang

Warga yang lahir dan besar di Pangkalpinang ini masih ingat ketika tahun 90-an, saat itu masih duduk di bangku sekolah dasar (SD). 

Dia bersama teman-temannya satu kelas diajak guru menonton film Si Pahit Lidah di Bioskop Garuda, di Kawasan Pasar Mambo Pangkalpinang.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm