Ilustrasi sambal ganja.
Ilustrasi sambal ganja. ( Dok. Sajian Sedap)

Campur Belimbing Wuluh Biar Segar, Berikut Cara Membuat Sambal Ganja

1 Agustus 2023 12:24 WIB

SonoraBangka.id - Aneka sambal khas Nusantara banyak yang menggabungkan cabai dengan protein. Sambal ini bisa jadi pilihan lauk praktis di rumah.  Salah satu sambal dengan protein daginga dalah sambal ganja khas Aceh. Sambal ganja terdiri dari udang yang dipenyet dengan ulekan dan dicampur dengan berbagai bumbu.  Ciri khas utama sambal ganja ada pada belimbing wuluh, jadi sebisa mungkin jangan hilangkan bahan ini. Simak resep sambal ganja khas Aceh dari Sajian Sedap berikut ini. 

Resep sambal ganja

Bahan: 

150 gram udang

15 butir bawang merah

8 buah cabai rawit

1 batang serai, ambil bagian putihnya, potong-potong

3 lembar daun jeruk, iris halus

8 buah belimbing wuluh, iris

1 sendok teh garam

Cara membuat sambal ganja: 

1. Kukus udang sampai matang dan buang kulitnya. Sisihkan. 

2. Ulek bawang merah dan cabai rawit, masukkan belimbing wuluh, ulek. 

3. Masukkan serai dan daun jeruk, ulek-ulek agar sarinya keluar. Masukkan udang dan garam, ulek sampai semua tercampur rata. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Sambal Ganja Khas Aceh, Udang Campur Belimbing Wuluh Segar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/01/103200875/resep-sambal-ganja-khas-aceh-udang-campur-belimbing-wuluh-segar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm