Motor Vespa klasik dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO(KRISTIANTO PURNOMO)
Motor Vespa klasik dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO(KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Mengenal Ngejim, Istilah Piston Macet yang Ditakuti Para Pemilik Motor

1 Agustus 2023 21:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kerusakan pada motor kadang bisa terjadi di saat sedang digunakan. Salah satu kejadian yang cukup menyeramkan adalah istilah ngejim, kondisi di mana piston macet ketika motor jalan.

Istilah ngejim lahir kata kerja bahasa Inggris jam, yang secara harafiah artinya macet.

Biasanya, mesin motor normal saja dipakai, namun ketika masuk ke putaran yang cukup tinggi, tiba-tiba motor mengeluarkan suara aneh dan tidak bisa ditarik gasnya.

Kalau sudah begitu, motor tidak bisa dinyalakan lagi, dipakai jalan apalagi. Kejadian ini juga jamak terjadi untuk motor 2 tak, kadang bisa bikin pusing pemiliknya.

Tommy Patria, pemilik bengkel spesialis Honda NSR Patria Techno mengatakan, ngejim artinya macet, bisa di putaran tinggi. Ada beberapa penyebabnya, dari suplai BBM sampai kondisi mesinnya.

"Bisa disebabkan kurang suplai BBM di RPM tinggi, tergantung setelan karbu, ECU, atau injektor di motor zaman sekarang," kata Tommy kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Lalu, bisa juga saat memasang komponen mesin, jarak antara piston sama blok terlalu rapat. Makanya saat dipakai di putaran mesin tinggi, piston seperti macet ke dinding blok.

"Kalau di motor 2 tak bisa karena oli samping kurang bagus. Kebanyakan (terjadi) di top speed, suplai BBM kurang, pelumasan kurang bagus, jadi macet," ucap Tommy.

Kalau sudah kejadian, maka mesin harus dibongkar. Penggantian satu set dari piston sampai blok harus dilakukan, tentu dengan biaya yang tidak murah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengenal Ngejim, Istilah Piston Macet yang Ditakuti Pemilik Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/01/094200615/mengenal-ngejim-istilah-piston-macet-yang-ditakuti-pemilik-motor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm