Pelek mobil(Ping Wheels)
Pelek mobil(Ping Wheels) ( KOMPAS.COM)

Berniat Ganti Pelek pada Mobil Listrik, Simak Hal Ini

2 Agustus 2023 19:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Kegiatan Modifikasi mobil dengan mengganti pelek kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan. Tak terkecuali untuk mobil listrik yang populasinya saat ini semakin menjamur di Tanah Air, mulai dari Wuling Air EV, Ioniq 5, hingga Tesla.

Pada dasarnya penggantian pelek di mobil listrik maupun ICE (bensin) sebetulnya sama saja. Dengan kata lain tidak ada aturan khusus ketika ingin melakukan penggantian pelek di mobil listrik.

Biasanya para penghobi otomotif akan upgrade pelek dengan diameter yang lebih besar atau naik dua inci dari pelek standarnya.

“Mobil listrik ataupun bensin peleknya tidak ada perbedaan, yang penting spesifikasinya sesuai agar terlihat proposional,” ucap Anantyo Herlambang, pemilik toko pelek Ping Wheels yang berlokasi di Cijantung, Jakarta Timur, kepada Kompas.com, Selasa (1/8/2023).

Tyo menambahkan, saat ini konsumen mobil listrik yang melakukan penggantian pelek sudah cukup banyak. Pihaknya juga sudah beberapa kali memasang pelek di mobil listrik terutama untuk Hyundai Ioniq 5 dan Tesla.

“Kalau di Ping Wheels, kita kebanyakan masuk pelek dari luar, kadang pelek kita besar semua, jadi jarang stok pelek kecil. Kalau pasar kita untuk mobil listrik itu Ioniq sampai ke Tesla. Konsumen bisa pakai Work Wheels, Race, atau Rotiform,” kata Tyo.

Sementara itu, sempat muncul anggapan bahwa mengganti pelek mobil listrik dengan diameter yang lebih besar bisa berpengaruh pada jarak tempuh dan efisiensi baterai. Lantas apakah benar demikian?

“Kalau pakai pelek yang beratnya sama dengan dengan standar itu tidak akan mengurangi efisiensi. Biasanya orang ganti pelek itu naik ukuran, dan kalaupun berkurang jaraknya tidak terlalu signifikan. Ini dari pengalaman teman-teman yang sudah ganti,” ucap Hendra Wijaya, Direktur Marketing HSR Wheel.

Kendati demikian, Hendra menyarankan, pemilik mobil sebaiknya mengganti pelek dengan diameter yang tidak lebih dari dua inci atau maksimal tiga inci.

“Cari model pelek yang sesuai dengan mobil. Seperti contoh kita sudah pernah pasang di Hyundai Ioniq 5, standar peleknya kan 19 atau 20 inci. Kita pernah pasang sampai 21 inci atau 22 inci dan itu tidak masalah,” kata Hendra.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mau Ganti Pelek pada Mobil Listrik, Simak Hal Ini", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/02/104200815/mau-ganti-pelek-pada-mobil-listrik-simak-hal-ini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm