Ilustrasi biji selasih untuk makanan atau minuman.
Ilustrasi biji selasih untuk makanan atau minuman. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Kristanti)

Rendam Dulu, Berikut 3 Cara Mengolah Biji Selasih Untuk Aneka Hidangan

2 Agustus 2023 21:45 WIB

SonoraBnagka.id -  Biji selasih bisa kamu hidangkan untuk menu makanan dan minuman. Seperti dessert puding, agar-agar, atau teh hangat. Namun biji selasih biasanya dijual dalam keadaan kering, dengan begitu biji selasih harus diolah terlebih dahulu sebelum diseduh. Dilansir dari beberapa sumber, simak tips mengolah biji selasih yang enak agar memaksimalkan gizi yang ada di dalamnya. 

1. Rendam dalam air

Dilansir dari laman Healthline, satu sendok makan biji selasih bisa direndam dalam 237 ml atau 1 cangkir air. Lakukan perendaman dalam waktu sekitar 15 menit. Setelah itu, tunggu hingga ukurannya menjadi lebih besar sekitar tiga lipat dari saat masih kering. Biji selasih yang sudah direndam dalam air akan mengembang dan memiliki bagian tengah hitam tetapi terdapat gel di luarnya.

2. Cara gunakan biji selasih untuk hidangan dipanggang

Jika kamu ingin menambahkan biji selasih pada adonan kue atau bolu yang dipanggang, sebaiknya tak perlu merendamnya. Cukup dengan menghaluskannya sampai menjadi tepung, kemudian gunakan pada adonan tepung membuat kue dan bolu.

3. Gunakan biji selasih untuk es cendol

Selain puding atau teh hangat, kamu bisa menambahkan biji selasih pada hidangan es cendol yang segar. Tambahkan biji selasih sebagai bahan pelengkap dengan susu kental manis dan es batu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Olah Biji Selasih untuk Aneka Hidangan, Rendam Dulu", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/02/131700775/3-cara-olah-biji-selasih-untuk-aneka-hidangan-rendam-dulu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm