Ilustrasi bawang putih untuk dijadikan bumbu masakan
Ilustrasi bawang putih untuk dijadikan bumbu masakan ( Shutterstock/Narong Jhanwattana)

Baunya Kurang maksimal, Berikut 3 Kesalahan Cara Simpan Bawang Putih

3 Agustus 2023 06:45 WIB

SonoraBangka.id - Bawang putih biasa dibeli dalam kantong dengan berat mulai dari 250 gram. Dengan begitu pembelian bawang putih biasa dalam beberapa siung. Ada cara menyimpan bawang putih yang tepat dan mudah diikuti untuk menjaga rasa dan aroma saat dimasak. Simak beberapa kesalahan saat menyimpan bawang putih agar tetap segar dalam waktu yang cukup lama. 

1. Menyimpan bawang putih di kulkas

Sebenarnya, bawang putih bisa awet dan segar tanpa harus dimasukkan ke dalam lemari es seperti yang dilansir dari laman All Recipes. Namun beberapa orang mungkin berasa tidak yakin dengan ketahanan segar dari bahan masakan yang satu ini. Jadi, bawang putih disimpan dalam lemari es. Padahal cara itu bisa saja salah karena bisa membuat layu dalam kulkas.

2. Jangan dibekukan dalam keadaan utuh

Dilansir dari laman Mashed, hindari menyimpan bawang putih utuh dengan cara dibekukan. Pasalnya, cara tersebut bisa merusak rasa dan tekstur dari bawang putih. Selain itu, bawang putih bisa berubah menjadi kering warnanya menjadi cokelat.

3. Tidak menyimpan bawang putih di tempat yang kering

Bawang putih bisa disimpan pada suhu kamar di tempat yang kering dan gelap dengan sirkulasi udara yang baik. Gunakan kantong kertas atau jaring untuk menyimpan bawang putih. Dengan cara ini, bawang putih bisa tahan hingga beberapa minggu tanpa muncul tunasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Kesalahan Simpan Bawang Putih, Bikin Baunya Kurang Maksimal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/31/131700775/3-kesalahan-simpan-bawang-putih-bikin-baunya-kurang-maksimal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm