ilustrasi steak barbeque.
ilustrasi steak barbeque. ( SHUTTERSTOCK/christianthiel.net)

Tips Dari Pebisnis, Berikut 3 Cara Mulai Usaha Katering BBQ

3 Agustus 2023 06:50 WIB

SonoraBnagka.id -  Layanan katering barbeque semakin populer di Indonesia selama beberapa tahun belakangan. Berbeda dengan katering makanan biasa, menu utama yang ditawarkan oleh layanan ini adalah aneka daging panggang. Stanis J, Chef Owner Grill Me Jakarta, merupakan salah satu orang yang memulai bisnis daging dan terjun ke dunia katering BBQ sejak tujuh tahun lalu. Stanis membagikan beberapa cara memulai usaha katering BBQ yang bisa membantu para pebisnis pemula, seperti berikut ini.

1. Tidak perlu berpatok pada  background

Ia bercerita, bisnis daging dan olahannya yang digeluti saat ini merupakan usaha pertamanya di bidang F&B. Bahkan, termasuk di lingkup keluarganya. Latar belakang kuliner juga tak dimilikinya. Itu sebabnya, menurut Stanis, latar belakang pendidikan kuliner tidak bisa menjadi patokan kala memulai bisnis katering BBQ. "Saya tidak ada culinary background, tetapi suka masak dan makan. Menghargai makanan yang enak," kata Stanis saat ditemui Kompas.com dalam acara BBQ Night Grill Me Jakarta di Rumah Manor Andara, Kamis (27/7/2023). Minat terhadap makanan adalah kunci awal untuk membangun bisnis yang akan menjadi bekal selama berjalannya usaha.

2. Tentukan konsep usaha BBQ 

Konsep BBQ terbilang luas. Setidaknya, gaya barbeku ini berbeda di negara tertentu sehingga harus ditentukan konsep seperti apa yang ingin dibuat. "Mau bergaya american BBQ yang ada smoke-smoke-nya atau mungkin BBQ bergaya Eropa," tutur Stanis. Tentukan juga konsep usaha seperti apa yang ingin dituju. Entah itu menargetkan kantoran, acara pernikahan, atau rumahan.

3. Pilih penyuplai tepercaya

Bahan utama BBQ adalah daging. Jadi, pastikan untuk memilih daging berkualitas baik sebelum mengolahnya saat berjualan. Stanis menyarankan untuk memilih penyuplai daging tepercaya yang sudah dikenal luas dan memiliki sertifikat jelas. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Mulai Usaha Katering BBQ, Tips dari Pebisnis", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/30/120200875/3-cara-mulai-usaha-katering-bbq-tips-dari-pebisnis.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm