Ilustrasi batuk.
Ilustrasi batuk. ( Shutterstock/Maridav)

Berikut 6 Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Batuk

3 Agustus 2023 07:02 WIB

SonoraBangka.id - Sedang mengalami batuk? Ada penjelasan seputar sederet makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat batuk. Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa jenis makanan terutama pada makanan yang berminyak, pedas, dan asam hingga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Ada baiknya untuk banyak minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selengkapnya, simak sederet makanan dan minuman tidak untuk batuk berikut ini.

1. Susu

Dilansir dari Doctor NDTV, susu bisa meningkatkan kadar lendir di tenggorokan. Produk dairy sebaiknya tidak dikonsumsi saat batuk karena bisa memproduksi lendir di saluran pernapasan.

2. Minuman berkafein, alkohol, dan manis

Ditambahkan dari laman Health Shots, hindari menikmati minuman berkafein seperti kopi, teh hitam, minuman akohol, dan minuman dengan rasa manis. Minum jus buah yang tinggi gula juga bisa mengganggu tenggorokkan dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, minuman air putih agar tubuh tetap terdehidarasi.

3. Makanan olahan

Selanjutnya, ada menu makan olahan seperti keripik, makanan yang dipanggang, makanan manis, dan roti putih. Hindari mengonsumsi makanan tersebut karena bisa mengganggu tenggorokan. Sebaiknya makan sayuran berdaun hijau yang kaya nutrisi.

4. Makanan yang digoreng

Gorengan seperti kentang goreng, tempe goreng tepung, hingga jamur goreng tepung sebaiknya dihindari agar tidak memperparah batuk.

5. Buah yang memiliki rasa asam

Buah-buahan dengan asam sitrat yang tinggi sebaiknya dihindari. Hal ini karena buah tersebut bisa menyebabkan refluks asam hingga memperparah tenggorokan.

6. Makanan dengan kandungan histamin

Menurut laman Pristyn Care, makanan dengan kandungan histamin sebaiknya dihindari. Pasalnya, kandungan tersebut memicu tubuh untuk membuat lebih banyak lendir sehingga bisa menghambat alat pernapasan. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari adalah alpukat, stroberi, yogurt, dan cuka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Batuk, Apa Saja?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/28/121300575/6-makanan-dan-minuman-yang-harus-dihindari-saat-batuk-apa-saja-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm