Ilustrasi tuna otoro.
Ilustrasi tuna otoro. ( SHUTTERSTOCK/BigBoom)

Berikut 3 Bagian Tuna Terbaik Untuk Sushi Dan Sashimi Menurut Koki

3 Agustus 2023 07:06 WIB

SonoraBangka.id - Bluefin tuna atau tuna sirip biru terkenal sebagai jenis ikan mahal dan mewah di Jepang. Beberapa restoran Jepang di Indonesia menawarkan olahan tuna sirip biru berupa sushi dan sashimi. Namun, harganya tak murah. Executive Sushi Chef di Sushi Toku Gunawarman, Jakarta Selatan, Maulana, menjelaskan tiga bagian tuna sirip biru yang dikenal paling nikmat berikut ini. 

1.  Toro  atau  otoro tuna

Bagian tuna sirip biru paling lezat dikenal dengan nama toro atau otoro. Menurut Maulana, toro mengandung lemak paling banyak. "Kalau toro itu fatty dan paling mahal karena bagian di ikannya hanya sedikit," ujar Maulana saat ditemui Kompas.com di Sushi Toku Gunawarman, Senin (24/7/2023). Tekstur otoro tuna akan meleleh ketika dimakan tanpa memerlukan banyak tenaga untuk mengunyahnya. Lemak tambahan otoro tuna bisa didapatkan ketika musim dingin yang dikenal sebagai waktu terbaik menangkap ikan di Jepang.

2.  Chutoro  tuna

Kedua, ada chutoro tuna yang berasal dari lemak dan punggung ikan tuna. Meski lemaknya tak sebanyak toro, chutoro tetap disukai karena kelembutan teksturnya. Lemak dan daging tuna tercampur dalam chutoro tuna. Menjadikannya imbang di antara toro dan akami tuna.

3.  Akami tuna

Akami berasal dari bagian punggung ikan tuna. Biasanya, dijual dengan harga termurah dibandingkan dua potongan tuna lainnya. Harga akami tuna bisa setengah dari harga otoro tuna. Ukurannya lebih tipis dan umum ditemui di banyak restoran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Bagian Tuna Terbaik untuk Sushi dan Sashimi Menurut Koki", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/27/150300975/3-bagian-tuna-terbaik-untuk-sushi-dan-sashimi-menurut-koki.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm