Ilustrasi gula merah dan gula pasir, gula putih. Baik gula merah mau pun gula pasir sama-sama tidak lebih sehat untuk dikonsumsi.
Ilustrasi gula merah dan gula pasir, gula putih. Baik gula merah mau pun gula pasir sama-sama tidak lebih sehat untuk dikonsumsi. ( SHUTTERSTOCK/Iasmina Calinciuc)

Ini Saran Dokter, Berikut Batas Aman Konsumsi Gula Bagi Bayi

3 Agustus 2023 07:22 WIB

SonoraBangka.id - Makanan pendamping ASI (MPASI) boleh diberikan dengan tambahan gula. Namun, penambahan gula dalam MPASI sebaiknya tidak melebihi anjuran kesehatan untuk anak. "Kadar gula untuk MPASI itu satu gram per satu kali makan," ujar dr. Miza Afrizal, SpA, dokter spesialis anak dalam talk show Royco Kaldu Spesial Hijau pada Jumat (21/7/2023). Takaran gula lebih banyak bila dibandingkan dengan garam untuk MPASI. Saran konsumsi garam untuk MPASI yakni satu gram garam per hari, bukan per satu kali makan.

Batasan pemberian gula pada anak, menurut dr. Miza, berkaitan dengan nafsu makan dan metabolisme tubuh.  "Kalau misalnya kadar insulin dan kadar gula fluktuatif itu biasanya nafsu makan anak menjadi kurang baik," ujar dr. Miza. Konsumsi gula terlalu banyak oleh anak-anak juga bisa memicu obesitas atau kelebihan berat badan. Akhirnya, anak bisa dikategorikan sebagai malanutrisi atau kelebihan zat gizi akibat ketidakseimbangan.

Jenis gula yang dimaksud adalah gula tambahan atau sukrosa. Sebab, dr. Miza menuturkan, gula alami dalam susu atau buah, tidak bisa dikontrol. Gula biasanya ditambahkan dalam masakan MPASI untuk menyimbangkan rasa gurih setelah diberikan garam. Jadi, tidak memerlukan gula dalam jumlah banyak untuk MPASI anak, kecuali saat menyiapkan camilan manis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Batas Aman Konsumsi Gula untuk Bayi Selama MPASI, Ini Saran Dokter", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/25/113100575/batas-aman-konsumsi-gula-untuk-bayi-selama-mpasi-ini-saran-dokter.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm