Proses pembersihan mika lampu mobil yang berubah warna menjadi kuning(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Proses pembersihan mika lampu mobil yang berubah warna menjadi kuning(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Bikin Mika Lampu Mobil Kuning Supaya Bening mulai Rp 300.000

3 Agustus 2023 20:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kasus mika mobil yang berubah warna menjadi kuning sering dijumpai. Penyebabnya beragam, mulai dari faktor cuaca dan kondisi jalan, serta usia pemakaian.

Meskipun tidak berpengaruh besar pada fungsi penerangan mobil, mika kuning tentu sangat menurunkan nilai estetika. Akan muncul kesan seolah mobil kurang dirawat atau pemilik jorok.

Menyikapi situasi tersebut, pengguna bisa mencoba layanan servis pembersihan mika lampu mobil, yang saat ini bisa dengan mudah dijumpai dimanapun.

Dimas Faturrahman, Pemilik Bengkel Spesialis Autolamp dan Body Repair Mobil menjelaskan, ada banyak kategori kerusakan yang bisa dialami mika kuning.

“Utamanya menguning akibat jamur, karena kan mika itu bahan dasarnya plastik dan bukan kaca. Selain itu ada juga pecah rambut di sisi bagian dalam,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (3/7/2023).

Menurutnya, mika kuning tidak wajib diganti baru dan masih bisa dikembalikan lagi supaya bening, seperti sedia kala.

“Selama mika masih orisinil bawaan pabrik, kualitasnya bagus sekali dan bisa dibeningkan. Lebih murah juga dibandingkan beli baru,” ucapnya.

Dimas menjelaskan, proses membuat mika kuning menjadi bening sejatinya tidak merepotkan, namun urutan prosesnya cukup panjang dan memakan waktu sekitar 3 jam.

Beberapa langkah yang dilakukan yakni membongkar dan memisahkan mika dengan reflektor headlamp, amplas, pembersihan, serta heat treatment.

“Pakai amplas 1.500 sampai 2.000 dulu sampai semua jamur dan pecah rambut hilang, baru kemudian dibersihkan dan dilapisi nano-coating,” ujarnya.

Hasil akhir yang didapat juga sangat baik, mika menjadi bening kembali tanpa ada bekas kekuningan atau retak-retak.

Untuk menikmati pelayanan servis ini, Dimas mematok harga mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 500.000. Banderol itu berbeda-beDa, tergantung jenis mobil pengguna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bikin Mika Lampu Mobil Kuning Jadi Bening mulai Rp 300.000", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/03/171200915/bikin-mika-lampu-mobil-kuning-jadi-bening-mulai-rp-300.000.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm