Ilustrasi CMF by Nothing.
Ilustrasi CMF by Nothing. ( Nothing)

Nothing Bikin Sub-Merek "CMF" untuk Gadget Murah, Termasuk HP Android?

4 Agustus 2023 17:17 WIB

SonoraBangka.ID - Selama ini, merek ponsel Nothing fokus menjual perangkat premium yang mengincar segmen menengah ke atas. Nothing Phone (2) yang meluncur pertengahan Juli lalu, misalnya, dibanderol 600 dollar AS (sekitar Rp 9 juta).

Nah, kini, Nothing merilis sub-merek baru yang bertujuan untuk menyediakan aneka produk bermerek Nothing, namun dengan harga terjangkau. Sub-merek baru tersebut dinamai "CMF by Nothing". 

Pengumuman ini disampaikan oleh CEO Nothing, Carl Pei dalam video berjudul "Nothing Community Update | Q2 2023" yang diunggah kanal Youtube resmi Nothing. 

"Hari ini kami mengumumkan CMF by Nothing, sub-merek yang akan menawarkan serangkaian produk dengan desain khas Nothing, namun kami buat lebih terjangkau agar bisa diakses oleh lebih banyak orang," kata Carl.

Carl tak menyebut apakah CMF by Nothing akan ikutan merilis smartphone terjangkau yang menyasar pasar ponsel kelas bawah (entry-level) atau kelas menengah (mid-range). 

Namun yang jelas, sebagai permulaan, CMF by Nothing akan merilis dua produk pertama mereka yang berupa arloji pintar (smartwatch) dan aksesori audio earbuds.

"Kedua produk ini akan diluncurkan mendekati akhir tahun ini, dan detail terkait keduanya akan kami bagikan dalam beberapa bulan ke depan," ungkap Carl. 

Carl melanjutkan, supaya bisa fokus memberikan produk yang bisa memenuhi kebutuhan pasar, tim yang mengurus CMF by Nothing akan berbeda dari tim yang mengurus produk utama (flagship) Nothing.

Pemisahan tim ini didasari karena filosofi kedua merek tersebut berbeda. Menurut Carl, Nothing memiliki filosofi produk dengan desain jempolan, material premium, dan performa maksimal. 

CMF by Nothing juga sebenarnya memiliki desain cantik dan memiliki kualitas bagus, namun akan dibuat lebih minimalis dengan harga yang lebih terjangkau. 

"Dengan perbedaan filosofi ini, tim CMF by Nothing dan Nothing kami buat berbeda supaya tak ada gangguan yang menghambat pengembangan produk flagship Nothing kami," ujar Carl.

Carl tidak menjelaskan apa sebenarnya kepanjangan dari "CMF" yang ia sebut berkali-kali. Namun sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Jumat (4/8/2023), CMF merupakan kepanjangan dari "Color, Material, and Finish".

Jika diartikan ke bahasa Indonesia, ini merupakan "Warna, Material, dan Pemolesan desain". Artinya, produk-produk CMF by Nothing boleh jadi akan fokus di permainan warna, material, dan pemolesan desain produk tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nothing Bikin Sub-Merek "CMF" untuk Gadget Murah, Termasuk HP Android?", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/08/04/11300027/nothing-bikin-sub-merek-cmf-untuk-gadget-murah-termasuk-hp-android-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm