Ilustrasi saus cokelat mengilap untuk puding, cake, hingga dessert lainnya.
Ilustrasi saus cokelat mengilap untuk puding, cake, hingga dessert lainnya. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Pixel-Shot)

Bisa untuk Puding Atau Dessert, Berikut Cara Membuat Saus Cokelat

5 Agustus 2023 12:57 WIB

SonoraBangka.id - Umumnya, saus cokelat yang enak memiliki tampilan mengilap yang menggugah selera.  Selain itu, tekstur dari saus cokelat juga harus lembut tidak ada yang menggumpal. Dalam buku "Aneka Resep Favorit SAUS Pendamping Hidangan Istimewa" (2020) oleh Rostiawati Gramedia Pustaka Utama, ada tips membuat saus cokelat mengilap. Caranya adalah dengan menggunakan cokelat masak hitam yang mengandung sekitar 700 persen biji cokelat bubuk. Selengkapnya, simak resep saus cokelat berikut ini. 

Resep saus cokelat

Bahan

125 gram gula 

125 ml air

200 gram cokelat hitam masak

25 gram mentega tawar

Cara membuat saus cokelat

1. Masukkan gula pasir ke dalam panci susu kecil berdasar tebal, tuang air. Jerang di atas api kecil, masak dan aduk hingga gula pasir larut. 

2. Biarkan hingga air gula mendidih selama 1 menit. Angkat panci dari atas api dan biarkan dingin selama 1 menit. Cincang cokelat dan masukkan ke dalam sirup. 

3. Tambahkan mentega dan biarkan hingga cokelat dan mentega leleh, aduk hingga saus lembut dan berkilau. Hidangkan saus yang masih hangat, kecilkan api, aduk hingga leleh. Angkat dan pindahkan ke dalam wadah saus. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Bikin Saus Cokelat Glossy untuk Puding atau Dessert ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/04/101300675/cara-bikin-saus-cokelat-glossy-untuk-puding-atau-dessert-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm