Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez(Dok. @26_danipedrosa)
Dani Pedrosa saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2023 di Sirkuit Jerez(Dok. @26_danipedrosa) ( KOMPAS.COM)

Dua Aturan Baru yang Berlaku Mulai Gelaran MotoGP Inggris 2023

5 Agustus 2023 17:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Paruh kedua musim ini akan dimulai dengan digelarnya MotoGP Inggris 2023 di Sirkuit Silverstone. Mulai seri ini, Dorna Sports akan memberlakukan dua aturan baru untuk kelas MotoGP.

Aturan baru yang pertama adalah cara masuk sesi kualifikasi Q2. Pebalap yang berhak langsung masuk Q2 akan ditentukan pada sesi latihan bebas yang dinamai Practice.

Sebelumnya, catatan waktu pada sesi FP1 juga dihitung. Sekarang, sesi yang berdurasi 45 menit tersebut cuma akan digunakan khusus latihan.

Perubahan ini terjadi karena banyak pebalap dan tim yang protes sesi FP1 digunakan juga untuk masuk Q2. Sebab, pada FP1, biasanya pebalap masih membaca situasi, membiasakan diri, dan mencari setelan terbaik untuk motornya. Belum lagi bila kondisi cuaca yang kurang mendukung, seperti hujan.

Aturan baru berikutnya terkait dengan ban. Setiap motor MotoGP sekarang akan disematkan alat pemantau tekanan ban yang sama. Penggunaan alat ini bersifat wajib, sehingga bila ada yang melanggar akan dikenakan sanksi.

Jadi, setiap motor MotoGP akan diatur tekanan bannya di angka tertentu selama persentase minimum lap dalam sprint race atau main race. Tekanan minimum dapat bervariasi, tergantung pada sirkuit.

Regulasi ini dibuat karena diketahui para pebalap dan tim sering kali tidak mengikuti standar rekomendasi yang ditetapkan Michelin. Namun, bukan karena curang, tapi karena mengikuti preferensi masing-masing pebalap.

Walau mengundang pro dan kontra, tapi kedua aturan baru tersebut efektif akan berlaku mulai MotoGP Inggris 2023 yang akan digelar akhir pekan ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Aturan Baru yang Berlaku Mulai MotoGP Inggris 2023", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/05/074200715/dua-aturan-baru-yang-berlaku-mulai-motogp-inggris-2023.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm