komponen link stabilizer pada Mobil(Suzuki.co.id)
komponen link stabilizer pada Mobil(Suzuki.co.id) ( KOMPAS.COM)

Setir Terasa Aneh Saat Mengemudi, Indikasi Link Stabilizer Ada Masalah

5 Agustus 2023 18:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Link stabilizer merupakan salah satu komponen penopang kaki-kaki mobil, yang tergabung dalam sistem suspensi. Fungsinya, mengurangi roll atau kecondongan kendaraan saat berbelok atau bergerak di jalan berliku.

Bila terjadi kerusakan pada link stabilizer akan terjadi ketidakstabilan saat berkendara dan menyebabkan getaran dan suara berisik, sehingga kenyaman berkendara terganggu. Gejala. kerusakan bisa dirasakan ketika setir terasa aneh saat mengemudi, seperti ada yang tidak normal.

Kerusakan pada link stabilizer jika tidak segera ditangani, akan membuat tekanan tambahan diteruskan ke komponen suspensi lainnya, sehingga menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada sistem suspensi.

Wawan Gunawan, pemilik bengkel spesialis per dan shockbreaker mobil Laksana Per, menjelaskan, benturan keras yang terlalu sering dialami mobil bisa membuat sendi-sendi link stabilizer kendor.

"Link stabilizer akan oblak dan tidak kaku lagi. Padahal komponen ini seharusnya kaku," ucapnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Akan terjadi efek jika link stabilizer rusak, seperti benturan terasa keras, kurang nyaman saat menikung, dan muncul bunyi berdecit kasar dari bagian roda.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Supri, pemilik Supri Bengkel Wonogiri, menjelaskan kerusakan pada link stabilizer ini ditandai dengan suara berisik.

"Jika link stabilizer rusak, biasanya terdengar suara berisik seperti koclak, ada bunyi glodok-glodok, dan setir terasa tidak enak," kata Supri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jika ada kerusakan pada bantalan atau sendi pada link stabilizer, maka pergerakan roda akan menciptakan bunyi bergema karena bagian yang longgar bergesekan atau bergoyang. Bunyi ini dapat menjadi lebih jelas ketika suspensi mendapatkan tekanan, seperti saat melewati gundukan, jalan berlubang, atau tikungan.

Penting untuk tidak mengabaikan suara berisik ini, karena kerusakan pada link stabilizer dapat mempengaruhi stabilitas dan kenyaman berkendara, sehingga segera periksa kendaraan untuk mengidentifikasi masalah dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setir Terasa Aneh Saat Mengemudi, Indikasi Link Stabilizer Bermasalah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/05/090200515/setir-terasa-aneh-saat-mengemudi-indikasi-link-stabilizer-bermasalah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm