Tuas transmisi mobil matik(KOMPAS.com/Serafina Ophelia)
Tuas transmisi mobil matik(KOMPAS.com/Serafina Ophelia) ( KOMPAS.COM)

Cegah Terjadinya Kantong Bolong Akibat Perbaikan Transmisi Mobil Matik

5 Agustus 2023 19:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Biaya perbaikan transmisi matik berbeda dengan biaya perawatannya. Dalam perawatan cuma ada penggantian oli, sementara biaya perbaikan adalah dana yang harus dikeluarkan ketika terjadi masalah pada komponen.

Biaya perbaikan sama pentingnya untuk diketahui oleh konsumen karena bagaimanapun kendala bisa saja terjadi saat pemakaian.

Berdasarkan informasi yang beredar, perbaikan transmisi matik lebih mahal daripada yang manual karena alasan tertentu. Lantas, apakah benar demikian?

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan perbaikan transmisi matik memang bisa saja mahal jika kerusakannya menyeluruh, tapi kerusakan transmisi bisa diminimalisasi.

“Caranya, pengemudi harus paham gejala awal ketika transmisi matik mulai bermasalah, sehingga transmisi akan bisa segera mendapat penanganan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (4/8/2023).

Hardi mengatakan masalah pada transmisi matik bisa saja cukup teratasi dengan metode sederhana bila pengguna paham tanda-tandanya.

Bahkan, perbaikannya bisa hanya dengan melakukan flushing oli matik atau hanya dengan treatment bila kondisinya belum parah.

“Misal transmisi matik mengalami delay, begitu tuas matik masuk D atau R mobil tidak langsung jalan, itu tidak boleh dibiarkan begitu saja tapi harus segera diobati, misal dengan treatment,” ucap Hardi.

Kondisi tersebut menurut Hardi bisa saja dipengaruhi dari masalah seal matik yang sudah keras, sehingga cukup dengan menambahkan aditif seal menjadi lentur kembali.

“Jika dibiarkan, maka lama-lama kampas kopling matik menjadi aus, akibatnya kerusakan tidak sekadar soal seal saja tapi juga merambat ke komponen lain sehingga biaya perbaikan menjadi lebih mahal,” ucap Hardi.

Jadi, estimasi perbaikan transmisi matik secara umum memang lebih mahal daripada yang manual, hanya saja kerusakan tersebut bisa diminimalisasi dengan mendeteksi kerusakan lebih dini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Kantong Bolong Akibat Perbaikan Transmisi Mobil Matik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/05/104200215/cegah-kantong-bolong-akibat-perbaikan-transmisi-mobil-matik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm