Ilustrasi baterai motor listrik Gesits(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Ilustrasi baterai motor listrik Gesits(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Ini Alasan Kenapa Harus Pilih Motor Listrik Menggunakan Jenis Baterai Swap

5 Agustus 2023 20:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Ada beberapa jenis motor listrik di pasaran. Selain dibedakan oleh jenis penggeraknya; hud-drive dan mid-drive motor listrik juga dibedakan dengan model baterainya.

Dalam hal ini, ada baterai model tanam dan swap. Ternyata keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan terkait pemakaiannya.

Ditinjau dari segi kemudahan, baterai swap tentu lebih menguntungkan. Bagaimana bisa seperti itu?

Rudi, Teknisi U-Winfly mengatakan motor listrik ada dua jenis baterai yakni model swap dan tanam, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Lebih praktis baterai swap karena pengguna tidak perlu menunggu lama untuk mengisi baterai, tinggal ditukar perjalanan bisa dilanjutkan kembali,” ucap Rudi kepada Kompas.com, Sabtu (5/8/2023).

Rudi mengatakan dengan metode tersebut maka motor listrik menjadi lebih aman untuk digunakan perjalanan jarak jauh.

Pengguna motor listrik model baterai swap tidak perlu takut kehabisan baterai dalam perjalanan, karena bisa menukar baterai pada setiap stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU).

“Begitu baterai lama mulai habis, tinggal ditukar dengan yang sudah terisi, setelah itu pengguna motor listrik bisa melanjutkan perjalanan dengan aman,” ucap Rudi.

Rudi mengatakan untuk baterai tanam, maka pengguna tidak bisa menukar namun harus menunggunya saat mengisi.

“Bahkan untuk jenis baterai SLA, dia tidak bisa dicas menggunakan fast charging yang ada di SPKLU, jadi harus diisi di rumah, atau tempat terentu saja, akan lebih mudah kalau pakai baterai swap,” ucap Rudi.

Dengan demikian, baterai swap membuat pengguna motor listrik tidak takut mengalami kerusakan baterai.

Arif Staff Manufaktur Motor Listrik PLN mengatakan baterai swap lebih aman, karena baterai akan selalu ditukar dengan yang sudah terisi.

“Meski ada risiko, pada suatu kesempatan mendapatkan baterai yang kurang prima karena ditukar-tukar, pihak penyedia jasa baterai swap sudah memiliki tenaga pengontrol kualitas, sehingga baterai yang sudah mulai rusak akan diambil,” ucap Arif.

Jadi, bila ditinjau dari segi kemudahan baterai swap lebih unggul daripada baterai tanam karena membutuhkan waktu lebih singkat untuk bisa membuat baterai terisi penuh kembali.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Alasan Kenapa Harus Pilih Motor Listrik Jenis Baterai Swap", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/05/155547815/ini-alasan-kenapa-harus-pilih-motor-listrik-jenis-baterai-swap?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm