lustrasi lapis legit cokelat.
lustrasi lapis legit cokelat. ( shutterstockJenny/Zhang)

Hasilnya Sempurna, Berikut 8 Tips Membuat Bolu Berlapis Anti Gagal

6 Agustus 2023 14:48 WIB

SonoraBangka.id - Bolu merupakan salah satu kue favorit yang dibuat dari berbagai bahan dan seringkali dibuat berlapis seperti bolu talas, lapis legit, dan lapis surabaya. Cara membuat bolu lapis mudah, pastikan saat mengaduk adonan secara perlahan agar tidak turun adonan kue tersebut. Bolu lapis dapat disajikan untuk hantaran atau ide jualan cake tradisional yang enak dan lapisannya rapi. Simak tips membuat bolu berlapis antigagal sempurna berikut ini, dikutip dari buku "Cake Lapis Panggang & Kukus Laris Dijual" (2020) karya Yeni Ismayani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Timbang bahan bolu berlapis

Pertama timbang bahan kue sesuai resep dan periksa dengan teliti.

2. Pastikan adonan dikocok sampai mengembang Kocok adonan hingga benar-benar mengembang dan saat mengaduk tepung harus perlahan-lahan.

3. Kocok mentega Jika menggunakan mentega, kocoklah hingga lembut dan jauhkan dari tempat ruangan panas agar mentega tidak meleleh.

4. Bagi adonan perlahan Saat membagi adonan menjadi dua bagian dan mencampur bersama bahan lain, lakukan pengadukan perlahan-lahan dengan spatula agar adonan tidak turun.

5. Bolu panggang Memanggang bolu atau cake lapis legit diperlukan api atas untuk memberi warna coklat yang rata bagian atasnya.

6. Jangan mengaduk adonan terus-menerus Saat menunggu adonan dipanggang, adonan lain jangan terlalu sering diaduk agar tidak pecah dan simpan dalam ruangan sejuk.

7. Bolu kukus Cake lapis yang dikukus, perlu disiapkan kukusan dan panaskan. Usahakan air jangan terlalu banyak supaya tidak tekena loyang saat dikukus.

8. Pastikan kue tidak terkena uap air Gunakan kukusan yang uap airnya bisa turun dan tidak terkena permukaan kue. Jika tidak ada, gunakan serbet bersih untuk menghindari tetesan air.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Tips Membuat Bolu Berlapis Antigagal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/04/220400975/8-tips-membuat-bolu-berlapis-antigagal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm