Ilustrasi diler motor listrik Selis di daerah Bekasi, Jawa Barat.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Ilustrasi diler motor listrik Selis di daerah Bekasi, Jawa Barat.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Bawa Sepeda dan Motor Listrik, Sering-sering Untuk Mainkan Klakson

6 Agustus 2023 17:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu keunggulan sepeda listrik dan motor listrik yang digaungkan ialah minim suara. Sebab penggerak sepeda/motor listrik menggunakan dinamo yang dialiri listrik dari baterai.

Fakta di lapangan memperlihatkan bahwa keunggulan tersebut bisa menjadi ancaman. Kendaraan minim suara membuatnya tidak terdeteksi pengendara lain, sehingga berisiko buat pengendara itu sendiri dan orang lain.

Hendro Sutono, Juru Bicara Komunitas Sepeda/Motor Listrik (Kosmik) mengatakan, sebagai komunitas yang peduli dengan keberadaan sepeda/motor listrik di jalan, pihaknya selalu memberikan edukasi soal cara berkendara yang benar.

"Kami di Kosmik juga sering sarankan dan ingatkan pengguna sepeda listrik dan motor listrik, sering mainkan klakson. Misal kita mau menyusul atau menyalip kendaraan di depan itu kasih klason dulu," kata Hendro kepada Kompas.com, Minggu (6/8/2023).

Hendro mengatakan, pada dasarnya cara berkendara pakai sepeda/motor listrik memang perlu kebiasaan baru.

"Kita harus tahu keterbatasan kita tapi sebetulnya harus ada solusinya," ujar Hendro.

"Jadi memang harus adaptasi di kebiasaan jadi saat mau menyalip itu ya kasih klakson dulu. Atau memang kita berada pada kecepatan rata-rata yang di bawah saja tidak usah kebangetan (ngebut)," kata dia.

Hendrik Ferianto, Instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, pengendara motor listrik tidak tahu besaran tenaga yang dihasilkan. Sebab otak atau tangan bergerak tanpa sumber informasi.

"Tanpa informasi suara mesin atau knalpot, maka level kewaspadaan mengendarai sepeda motor listrik harus lebih tinggi," kata Erik.

Erik menjelaskan, pada umumnya pengendara motor mengandalkan visual, kinestetik, dan auditori sebagai dasar pengambiil keputusan saat berkendara. Apakah itu momen membuka gas, mengerem, berbelok, dan lainnya.

"Saat mengendarai motor listrik, pendekatan auditori ini yang hilang. Sebab, motor listrik tidak mengeluarkan suara," kata dia.

"Agar pengendara di jalan umum mengetahui keberadaan kita yang tengah mengendarai motor listrik, sebaiknya membunyikan klakson. Ini dilakukan untuk memberikan informasi kepada pengguna jalan lain," ujar Erik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bawa Sepeda dan Motor Listrik, Sering-sering Mainkan Klakson", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/06/112100415/bawa-sepeda-dan-motor-listrik-sering-sering-mainkan-klakson.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm