Motor listrik U-Winfly Love Summer dijual Rp 8 jutaan di pasaran.(Tangkapan layar)
Motor listrik U-Winfly Love Summer dijual Rp 8 jutaan di pasaran.(Tangkapan layar) ( KOMPAS.COM)

Daftar Untuk Harga Motor Listrik Subsidi di Bawah Rp 10 Juta

6 Agustus 2023 18:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Industri sepeda motor listrik di Indonesia berkembang cukup pesat, hal ini menjadi salah satu bagian penting dari upaya Pemerintah dalam menghadapi isu lingkungan yang lebih bersih.

Pemerintah Indonesia telah memberikan beberapa bentuk subsidi dan insentif untuk mendorong adopsi kendaraan listrik, termasuk motor listrik.

Syarat subsidi pembelian motor listrik juga sederhana, hanya menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Berdasarkan Peraturan Menteri (Permen), penerima subsidi motor listrik adalah penerima manfaat kredit usaha rakyat (KUR), bantuan produktif usaha mikro, bantuan subsidi upah, dan penerima subsidi listrik hingga 900 VA.

Subsidi yang diberikan pemerintah untuk pembelian motor listrik ini merupakan bagian dari upaya untuk mendorong adopsi kendaraan listrik dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Terdapat beberapa motor listrik yang mendapat subsidi, bahkan salah satu produsen motor listrik mengklaim konsumen hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp 1 jutaan saja.

Rudi, Teknisi U-Winfly mengatakan, pihaknya menyediakan motor listrik murah dengan subsidi pemerintah yang diminati masyarakat.

"U-Winfly Love Summer, bisa dibeli dengan menyiapkan Rp 1 jutaan sisanya ditutup dengan subsidi pemerintah sebanyak Rp 7 juta," ungkap Rudi kepada Kompas.com, Sabtu (5/8/2023).

Perlu diketahui, daftar penerima subsidi motor listrik mengalami pertumbuhan yang signifikan, sejak program subsidi berlaku pada 20 Maret 2023.

Motor listrik dengan harga dibawah Rp 10 jutaan, saat ini mungkin sulit ditemukan karena teknologi kendaraan listrik masih dalam tahap perkembangan dan biaya produksi motor listrik relatif tinggi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm