Ilustrasi mie telur tidak gumpal dan lembek.
Ilustrasi mie telur tidak gumpal dan lembek. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H)

Tidak lembek Dan Menggumpal, Berikut 5 Cara Membuat Mi Telur

7 Agustus 2023 15:09 WIB

SonoraBangka.id - Ada cara membuat mi telur ala rumahan yang mudah dengan bahan sederhana. Umumnya, mi telur terbuat dari tiga bahan utama yaitu tepung, telur, dan garam. Kamu bisa menggunakan penggilas dan cetakan mi untuk mencetaknya agar lebih mudah. Gunakan mi telur secepatnya sesaat setelah dibuat agar hasilnya lebih kenyal dan lembut. Dilansir dari beberapa sumber, simak tips membuat mi telur berikut ini. 

1. Cara uleni adonan mi

Dilansir dari laman The Kitchn, cara membuat mi telur yang enak ala rumahan adalah dari cara menguleni adonannya. Pastikan gerakan untuk menguleni adonan konsisten dan tepat. Kamu bisa menggunakan food processor untuk proses uleni dan campur adonan dengan baik. Uleni bahan dan adonan mi telur dalam waktu sekitar 10 menit.

2. Cara tambahkan telur dan air ke dalam adonan

Ada cara menambahkan telur dan air agar adonan bisa kalis dan tercampur sempurna. Caranya adalah dengan menambahkan telur dan air secara perlahan ke dalam bahan kering.

3. Gulung tipis mi

Selanjutnya, jika adonan teradoni dengan baik saatnya menggulung mi. Mi telur tidak hanya kenyal tapi biasanya dicetak dengan bentuk tidak terlalu tebal. Pasalnya, mi telur yang tebal akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dimasak. Selain itu, mi telur juga akan mengembang tebal. Gunakan penggiling mi dengan mata pisau sekitar 2 milimeter.

4. Gunakan pisau tajam

Pada saat akan memotong adonan mi telur, sebaiknya gunakan pisau tajam agar hasil potongannya tidak berantakan.

5. Cara masak mi telur

Ada cara masak mi telur agar tetap lembut yaitu masak dalam durasi waktu 10-12 menit, seperti yang dilansir dari laman The Spruce Eats. Kamu bisa menambahkan tepung pada adonan yang lembek atau terasa lengket.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Membuat Mi Telur ala Rumahan yang Tidak Lembek dan Menggumpal", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/07/121700875/5-cara-membuat-mi-telur-ala-rumahan-yang-tidak-lembek-dan-menggumpal.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm