denah sirkuit untuk ujian SIM C motor, polanya akan disesuaikan tergantung wilayah Satpas(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
denah sirkuit untuk ujian SIM C motor, polanya akan disesuaikan tergantung wilayah Satpas(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Ujian Untuk Praktik SIM C Terbaru, Variasi Rintangan Tergantung Wilayah Satpas

7 Agustus 2023 16:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Materi baru untuk ujian praktik SIM C berlaku serentak di seluruh Satpas Polda mulai hari ini , Senin (7/8/2023).

Ada beberapa pembaruan yang dilakukan, yakni penerapan lintasan baru berbentuk huruf S, serta penghapusan pola zig-zag serta angka 8.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menjelaskan, adanya perubahan ini dimaksudkan untuk mempermudah para peserta saat melaksanakan ujian praktik.

"Kami (Korlantas) sudah memberlakukan beberapa revisi terkait ujian praktik SIM, intinya dipermudah," ujarnya kepada Kompas.com, pada acara simulasi ujian praktik SIM C baru di Satpas Polda Metro Jaya, Jumat (4/8/2023).

Pada kesempatan yang sama, Firman juga mengizinkan Satpas masing-masing Polda untuk melakukan variasi kontur jalan dan rintangan dalam lintasan ujian.

Hal tersebut dilakukan supaya kompetensi peserta semakin teruji, dan siap menghadapi situasi jalan yang sesuai dengan area tempat tinggalnya.

“Bukannya kami (Korlantas) bermaksud mengubah standar, intinya supaya betul-betul pemohon SIM ini terampil, mampu menjaga keseimbangan, dan mampu bereaksi menghadapi rintangan,” ucapnya.

Menyesuaikan daerah tiap-tiap Satpas, variasi seperti jalan bergelombang, tanjakan turunan, dan semacamnya masih diperbolehkan, dengan catatan pola lintasan tidak berubah dan dimensinya tetap 30x35 meter persegi.

“Saya berikan kesempatan pada (Satpas) daerah untuk berinovasi dan menentukan kontur jalan. Kalau di sini (Satpas Polda Metro Jaya) kan landai saja, mungkin di daerah nanti akan ada rintangan tanjakan atau semacamnya,” kata Firman.

Untuk diketahui, ada 5 tantangan utama yang akan dijadikan poin penilaian oleh Penguji, yakni :

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm