Mengetahui apakah lemon bisa memutihkan ketiak hitam sangat penting karena ternyata bisa menyebabkan iritasi.
Mengetahui apakah lemon bisa memutihkan ketiak hitam sangat penting karena ternyata bisa menyebabkan iritasi. ( FREEPIK/AZERBAIJAN_STOCKERS)

Kaya Akan Antioksidan, Berikut Ini 5 Manfaat Buah Yuzu

8 Agustus 2023 18:11 WIB

SonoraBangka.id - Buah yuzu (citrus junos) merupakan buah jeruk hibrida yang dikenal sebagai yuja, banyak tumbuh di Jepang, Korea, dan China. Buah yuja diolah menjadi minuman bersama teh yang populer di Korea Selatan, buah yuja berwarna kuning yang relatif tebal, lebih aromatik, dan lebih asam, dari buah jeruk lainnya. Buah yuzu memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terdapat vitamin C, vitamin A, vitamin B6, vitamin B5, serat, dan tiamin. Simak manfaat buah yuzu yang kaya akan antioksidan, dikutip dari Healthline, berikut selengkapnya.

1. Mengandung banyak antioksidan

Yuzu mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C dan limonene yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

2. Meningkatkan aliran darah

Dua flavonoid dalam yuzu dapat membantu mengurangi pembekuan darah, ini juga dapat meningkatkan aliran darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut.

3. Antikanker

Yuzu kaya akan senyawa dengan potensi manfaat antikanker. Kulit yuzu mengandung tangeretin dan flavonoid nobiletin yang menekan pertumbuhan tumor.  Sementara tangeretin efektif menghambat pertumbuhan sel leukimia.

4. Melindungi otak

Ekstrak yuzu dapat mengurangi disfungsi otak dan meningkatkan daya ingat, berpotensi melindungi dari penyakit seperti alzheimer.

5. Aroma citrus yang menenangkan

Menghirup aroma yuzu dapat mengurangi detak jantung dan membantu menghilangkan stress, kecemasan, dan ketegangan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Buah Yuzu, Kaya Antioksidan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/08/070300675/5-manfaat-buah-yuzu-kaya-antioksidan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm