Ilustrasi buah bit.
Ilustrasi buah bit. ( SHUTTERSTOCK/MAKO-STUDIO)

Tingkatkan Kesehatan Pencernaan, Berikut 5 Manfaat Dari Bit Merah

10 Agustus 2023 07:23 WIB

SonoraBangka.id -  Bit biasanya dibuat untuk pewarna alami pada makanan, warnanya merah keunguan yang cerah. Bit merupakan bahan makanan yang mempunyai khasiat sebagai obat, mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin B6, kalium, folat, protein, dan besi. Bit dapat dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah, melawan peradangan, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Simak manfaat kesehatan dari bit merah, dikutip dari Bbc Good Food dan Healthline, berikut selengkapnya. 

1. Dapat menurunkan tekanan darah

Bit mengandung senyawa bernama nitrat yang membantu meningkatkan aliran darah dengan mengendurkan aliran darah, mengurangi kekakuan arteri, dan meningkatkan pelebaran yang berpotensi menurunkan tekanan darah.

2. Memiliki sifat antikanker

Pigmen tumbuhan yang memberi warna ungu kemerahan adalah betacyanin, zat kuat diduga membantu menekan perkembangan beberapa jenis kanker seperti kanker kandung kemih.

3. Mendukung tingkat energi pada atlet

Sebuah studi ditemukan, yaitu seorang atlet menambahkan jus bit pada rutinitasnya dapat membantu pemulihan ketika otot dalam keadaan istirahat. buah bit dapat mendukung daya tahan olahraga, dan meningkatkan kinerja. Selain itu memasukkan buah bit pada manakanan akan mendapatkan dorongan energi yang dibutuhkan.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Bit salah satu sumber glutamin terkaya, asam amino yang penting untuk kesehatan dan pemeliharaan usus. Bit juga kaya serat yang mendukung fungsi usus dan menguntungkan bakteri baik pada usus.

5. Membantu melawan peradangan

Sebuah studi pada orang bertekanan darah tinggi, menemukan bahwa mengonsumsi jus bit selama dua minggu dapat secara signifikan mengurangi beberapa penanda peradangan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Kesahatan dari Bit Merah, Tingkatkan Kesehatan Pencernaan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/06/210500975/5-manfaat-kesahatan-dari-bit-merah-tingkatkan-kesehatan-pencernaan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm