PLN Dukung Desa Berdaya Tanjung Rusa, Belitung
PLN Dukung Desa Berdaya Tanjung Rusa, Belitung ( Humas PLN Babel)

Dorong Pengembangan Potensi Desa Penghasil Udang Vaname, PLN Dukung Desa Berdaya Tanjung Rusa, Belitung

10 Agustus 2023 20:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Komitmen PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Babel dalam mendorong kemandirian masyarakat kembali diwujudkan melalui penyerahan manfaat melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan potensi lokal desa dan masyarakat melalui program desa berdaya di Desa Tanjung Rusa Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung.

Bantuan yang disampaikan bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Belitung, PLN memberikan bantuan berupa kolam bioflok, pompa, kincir dan benur udang vaname untuk dikelola oleh kelompok masyarakat yang tergabung dalam koperasi pembudidaya ikan Karya Bahari.

Sistem Milenial Shrimp Farming (MSF), atau yang lebih dikenal dengan istilah budidaya udang ala milenial yang dipilih dalam pembudidayaan udang vaname ini merupakan program pemerintah kementerian kelautan dan perikanan yang telah dikembangkan secara nasional. MSF ini juga menerapkan sistem digitalisasi teknologi berbasis industri 4.0 yaitu Automation, IT, serta Gadget.


Kepala DKP Kabupaten Belitung, Firdaus Zamri menyampaikan tingkat kesulitan dalam budidaya udang vaname saat ini telah mengalami penurunan, dengan budidaya MSF kita tidak membutuhkan lahan yang besar karena mengunakan kolam Bioflok dengan diameter lebih kurang 15m.

80ribu benur saat ini telah ditebar di 3 kolam bioflok yang telah dilengkapi kincir pengatur tingkat oksigen dalam air. Dari benur yang ditebar target yang diharapkan kelompok masyarakat Karya Bahari dapat memanen udang vaname sebanyak 1,2Ton.

Sementara itu Sahani Saleh Bupati Kebupaten Belitung mengucapkan terimakasih kepada PLN yang telah membantu masyarakatnya di Desa Tanjung Rusa, Membalong.


“Bantuan TJSL PLN ini sangat membantu kelompok masyarakat yang kesehariannya sebagai nelayan karena perekonomian nelayan sangat rentan terhadap kendala-kendala, terutama ketika musim yang tidak mengizinkan mereka untuk melaut membuat mereka tidak mempunyai penghasilan. Budidaya udang vaname yang dikembangkan dengan sistem MSF ini menjadi alternatif ekonomi bagi masyarakat”, ungkap Sahani Saleh dalam sambutannya pada acara penyerahan bantuan TJSL PLN, Jumat (10/8/2023).


Manfaat lain yang diberikan juga berupa kegiatan positif kelompok masyarakat agar masyarakat terus tumbuh dan berkembang untuk meningkatkan taraf ekonominya melalui program ini.

" TJSL yang disampaikan PLN ini merupakan salah satu program untuk Peningkatan Ekonomi, harapannya budidaya ini terus tumbuh sehingga meningkatkankan ekonomi masyarakat", ucap Mustafrizal Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Babel.


"Pengelolaan budidaya udang vaname ini jika dikelola dengan baik bukan tidak mungkin terus berkembang dari 3 kolam bertambah lagi sampai 10 kolam, dengan hasil dapat memenuhi kebutuhan pasar didalam negeri bahkan bisa dapat diekspor keluar negeri", tutup Mustaf

PLN selaku
Narahubung
Zulkarnain
Tlp. 0717 439300
Facs. 0717 439600

_Sekilas Tentang PLN
PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore_

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm