ilustrasi tweezers atau pinset makanan untuk plating.
ilustrasi tweezers atau pinset makanan untuk plating. ( SHUTTERSTOCK/Commercial RAF)

Tips Dari Koki, Berikut 3 Menghias Makanan Agar Terlihat Menarik

13 Agustus 2023 06:31 WIB

SonoraBangka.id - Makanan di kafe dan restoran disajikan dengan tampilan menarik, memikat mata sekaligus menggugah selera. Seni menghias makanan bisa dipelajari dan diterapkan untuk makanan sehari-hari di rumah, khususnya saat menjamu. Coba simak tiga cara menghias makanan, disarankan langsung oleh Executive Chef Titik Temu Kenrick Gunawan berikut ini.

1. Pilih bahan yang bisa dimakan

Memilih garnish atau hiasan makanan tidak sembarangan. Tak semua bahan bisa dijadikan hiasan di atas piring. Kenrick menuturkan, semua bahan di atas piring harus bisa dikonsumsi, termasuk garnish. "Garnish bukan hanya berfungsi untuk mempercantik, tetapi juga menambah rasa," kata Kenrick. Kamu bisa memilih hiasan dari sisa bahan makanan yang dipakai dalam masakan tersebut, seperti buah-buahan, biji-bijian, daun, dan rempah. 

2. Perhatikan proporsi bahan 

Hindari memberi hiasan terlalu banyak dan menutupi makanan utama. Bukan menjadi cantik, makanan justru terlihat kurang menarik. "Rasio di dalam sebuah piring itu tidak kebanyakan. Kondimen lain tidak bertumpukkan di atas piring," tutur Kenrick saat ditemui Kompas.com usai acara grand opening Titik Temu SCBD, Jumat (11/8/2023).

3. Pilih warna yang tepat

Sama halnya dengan jenis bahan, warna hiasan juga tidak boleh asal dipakai saat membuat garnish. "Ada teori warna, tidak bisa asal karena tidak semua warna terlihat cocok dan menarik di piring," kata Kenrick. Kenrick mengatakan bahwa biru tidak cocok dengan warna makanan yang saat itu dijelaskannya, yakni putih, hijau, dan oranye.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Hias Makanan agar Terlihat Menarik, Tips dari Koki", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/12/190800375/3-cara-hias-makanan-agar-terlihat-menarik-tips-dari-koki.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm