Ampyang kacang jahe atau gula kacang cocok dijadikan camilan Lebaran bagi pencinta manis.
Ampyang kacang jahe atau gula kacang cocok dijadikan camilan Lebaran bagi pencinta manis. ( SHUTTERSTOCK/Yessi Frenda)

Antigosong dan Manisnya Pas, Berikut Cara Membuat Ampyang Kacang

14 Agustus 2023 14:38 WIB

SonoraBangka.id -  Ampyang kacang merupakan jajanan tradisional yang masih bisa kamu temui di pasar tradisional atau toko oleh-oleh di beberapa daerah.  Ampyang terbuat dari kacang gula merah yang dicampur kemudian dipanggang dalam cetakan khusus. Sebagian penjual, ada yang mengkreasikan ampyang kacang dengan tambahan jahe merah agar rasanya lebih pedas.  Camilan gula kacang yang manis legit ini bisa kamu buat sendiri di rumah dengan bahan sederhana, hanya tiga bahan saja.  Dilansir dari buku "CAMILAN MANIS NUSANTARA" (2016) oleh Tim Dapur Esensi terbitan Penerbit Erlangga, bikin ampyang kacang ala rumahan.  Ada tips membuat ampyang kacang agar karamel dari gula merahnya tidak gosong yaitu tambah dengan satu sendok makan air pada saat memasaknya. 

Resep ampyang kacang

Bahan

300 gram kacang tanah, kulit ari dibiarkan utuh

300 gram gula merah

1 ruas jahe sekitar 8 cm, parut, dan peras airnya

Cara membuat ampyang kacang 

1. Sangrai kacang tanah sampai matang, sisihkan. Panaskan gula merah di atas api kecil sampai meleleh dan menjadi kental. Tuang air jahe. 

2. Masukkan kacang tanah sangrai, aduk cepat sampai rata. Ambil sekitar satu sendok makan adonan ampyang, letakkan di atas daun pisang. Olesi dengan margarin. 

3. Biarkan ampyang kacang sampai dingin kemudian simpan dalam wadah. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Ampyang Kacang 3 Bahan, Antigosong dan Manisnya Pas", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/14/110900175/resep-ampyang-kacang-3-bahan-antigosong-dan-manisnya-pas.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm